Melalui Rakor Herson Minta Koordinasi Kabupaten Hingga Provinsi Bisa Terjalin

PALANGKA RAYA, Kantamedia.comBadan Kesatuan Bangsa dan (Kesbangpol) menggelar Rapat Koordinasi () Tim terpadu penanganan Konflik Sosial Kalteng yang dilaksanakan, di Aula Badan Kesbangpol Prov. Kalteng, Rabu (27/12/2023).

Staf Ahli (Sahli) Gubernur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Herson B. Aden membuka secara resmi kegiatan tersebut. 

Dalam sambutannya Herson B. Aden mengungkapkan, bahwa kegiatan merupakan Rencana Aksi Daerah (RAD) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tingkat Prov. Kalteng Tahun 2024. 

“Saat ini Pemerintah Daerah melalui Badan Kesbangpol sudah melakukan berbagai analisis terkait dengan berbagai konflik lokal daerah, yang diterjemahkan dalam rencana aksi daerah. Nantinya Kesbangpol akan menyampaikan draf RAD, dan di dalamnya tentu ada yang akan dicapai,”ungkapnya.

Ia menyebut, rencana aksi daerah yang akan dilakukan misalnya akan melaksanakan kegiatan ramah perempuan dan peduli anak.

“Maka dari itu, koordinasi dari tingkat provinsi ke kabupaten sampai tingkat desa akan terjalin, dan target yang akan dicapai adalah target B.04, target B.08 dan target B.12,” katanya. 

Artinya lanjut Herson, pada bulan 4 target ini harus tercapai, karena nanti akan terjadi multiplier effect terhadap yang lain. Jika ada satu target tidak tercapai, maka akan mempengaruhi target yang lain. 

“Terlebih lagi pada tahun 2024 kita menghadapi tahun politik yaitu Pemilu. Pada Presiden di daerah tetap terjadi gejolak, tetapi  gesekan-gesekan yang terjadi di daerah tidak akan sebesar pada Pemilihan Kepala Daerah, Pemilihan Bupati dan Pemilihan Walikota” ucap Herson.

Oleh sebab itu pihaknya berharap, apa yang menjadi targetnya bisa tercapai baik di B.04, B.08 maupun B.12. Diharapkan hal ini bisa mengurangi bahkan meniadakan terjadinya konflik sosial. (Mhu*) 

Bagikan berita ini