5 Manfaat Sedekah untuk Kesehatan

Kantamedia.com, dalam konteks agama Islam, merupakan tindakan memberikan sebagian dari rezeki yang diberikan Allah kepada orang yang membutuhkan. Ini bukan hanya menyangkut harta materi, tetapi juga melibatkan sikap dan perasaan hati yang tulus. Sedekah dianggap sebagai bentuk ibadah yang sangat ditekankan dalam ajaran Islam.

Penting untuk memahami etika yang terkandung dalam ajaran Islam. Allah SWT mengingatkan umat-Nya untuk memberikan sedekah dengan tulus dan tanpa pamrih. Dalam Surat Al-Baqarah ayat 195, Allah berfirman,

وَاَنْفِقُوْا فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَلَا تُلْقُوْا بِاَيْدِيْكُمْ اِلَى التَّهْلُكَةِ ۛ وَاَحْسِنُوْا ۛ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِيْنَ

Waqanfiqu fi sabilillahi wala tulqu bi-aydikum ila at-tahlukati wa ahsinu. Innallaha yuhibbul-muhsinin.

“Dan belanjakanlah (harta bendamu) di Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.”

Dari ayat ini, terlihat bahwa sedekah bukan hanya tentang memberi materi, tetapi juga tentang memberi dengan ikhlas dan tanpa menyakiti diri sendiri.

Manfaat Sedekah untuk Kesehatan menurut Islam

Sedekah bukan hanya tentang memberi materi, tetapi juga memainkan peran krusial dalam mental dan spiritual seseorang. Ketika seseorang memberikan sedekah dengan ikhlas, ini menciptakan rasa pemenuhan batin dan kedamaian. Beberapa aspek dan spiritual yang dipengaruhi oleh sedekah meliputi:

1. Memperpanjang Umur

kesehatan menunjukkan bahwa orang yang suka membantu orang lain memiliki tingkat stres yang lebih rendah. Stress merupakan faktor risiko utama untuk berbagai serius, dan dengan membantu sesama, seseorang dapat melindungi diri dari negatif stress ini. Oleh karena itu, sedekah tidak hanya memberikan manfaat spiritual, tetapi juga dapat berkontribusi pada umur yang lebih panjang.

2. Mengurangi Stres

Sebuah penelitian menemukan bahwa sifat kikir dan penumpukan harta dapat meningkatkan tingkat stres. Sebaliknya, orang yang gemar berbagi kepada sesama cenderung memiliki jiwa yang lebih sehat dan bahagia. Hubungan sosial yang baik, yang dipelihara melalui berbagi, dikaitkan dengan tingkat stres yang lebih rendah.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlibat dalam kegiatan bersedekah memiliki tingkat tekanan darah yang lebih rendah. Ketika seseorang memberikan manfaat kepada orang lain, ini menciptakan rasa damai dan bahagia, yang pada gilirannya dapat menurunkan tekanan darah. Keberlanjutan dari sikap baik ini dapat memberikan dampak positif jangka panjang pada kesehatan jantung.

Bagikan berita ini