11 Panelis Debat Perdana Pilpres 2024 Dikarantina

Kantamedia.com – Sebelas orang panelis debat 2024 menjalani karantina mulai hari ini, Minggu (10/12/2023). RI August Melasz menjelaskan, karantina terhadap panelis sejatinya adalah prosedur yang harus dijalankan demi menjaga netralitas, kerahasiaan dan integritas.

“Setelah kesediaan (menjadi panelis), KPU menetapkan dan membuat SK nama panelis ini-ini. Tanggal 10 (Desember), mulai kami akan karantina, mereka juga akan menandatangani pakta integritas,” kata August kepada awak , seperti dikutip Minggu (10/12/2023).

August mengaku, konsep karantina dilakukan tidak jauh berbeda dengan periode sebelumnya. Dia menambahkan, akan ada sejumlah hal yang dilakukan selama karantina oleh para panelis seperti berdiskusi soal tema debat dan rumusan pertanyaan yang sudah dibuat tim ahli.

“Jadi bagaimana tata kelola dari pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis disitu (saat dikarantina),” ungkap August.

Soal pertanyaan, lanjut August, soal disampaikan dipastikan masih dalam koridor dan tema yang sudah ditentukan di tiap sesinya. Diketahui untuk debat perdana, tema diusung adalah , HAM, , Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

Nantinya, tema debat yang sudah dipublikasi akan menjadi pegangan kepada para kandidat untuk menyiapkan materi terbaiknya saat menjawab pertanyaan yang disampaikan moderator debat.

“Paling penting kan tema debatnya apa, dari situlah kemudian pertanyaan akan di situ. Kami akan sampaikan dalam konteks pengarahan semuanya (terkait tema),” tandas August.

August Melasz menjamin kerahasiaan soal debat Pemilu presiden (Pilpres) 2024. Salah satunya, dengan menyegel seluruh pertanyaan hingga nantinya dibuka saat ajang dimulai.

“Pertanyaan itu akan disegel, terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke pasangan calon (paslon),” kata August.

Dia sendiri mengaku, bahkan jajaran komisioner KPU pun tidak tahu pertanyaan apa yang akan disampaikan kepada para kandidat masing-masing paslon. Menurut dia, pihak yang mengetahui, selain penyusun soal dari tim ahli hanyalah tim panelis yang sudah terpilih.

“Kita enggak pernah tahu pertanyaannya apa. Itu lah kemudian panelis itu juga menandatangani pakta integritas, disana untuk tidak membocorkan, untuk menjaga pertanyaan itu,” jelas August.

Berikut 11 Panelis Debat Pertama Capres-Cawapres 12 Desember 2023

1. Pakar Ilmu UGM, Mada Sukmajati
2. Pakar Ilmu Politik Undana, Rudi Rohi
3. Ahli Hukum Tata Negara Undip, Lita Tyesta ALW
4. Pakar Hukum Unand, Khairul Fahmi
5. Pakar Hukum Tata Negara UNS, Agus Riewanto
6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD, Susi Dwi Harijanti
7. Guru Besar Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono
8. Ketua Komnas HAM 2017-2020, Ahmad Taufan Damanik
9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga, Phil Al Makin
10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto
11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi

Jadwal Debat Capres 2024

(*/jnp)

Bagikan berita ini