BPS Pastikan Tak Ada Kurma Israel Masuk Indonesia

Kantamedia.com – Badan Pusat Statistik (BPS) memastikan tidak ada yang diimpor masuk ke Indonesia. Impor kurma RI dominan dipasok dari Tunisia, Iran dan Arab Saudi.
Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti mengungkapkan BPS sudah melakukan konfirmasi kepada dan pihak terkait perihal ini. Amalia pun memastikan impor kurma terbesar berasal dari Tunisia sebesar 29,7%, Iran 9,3% dan Arab Saudi 8,6%.

“Impor kurma sepanjang Januari-Februari 2024 paling banyak berasal dari Tunisia, Mesir, Iran dan Arab Saudi,” kata Plt Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti, Jumat (15/3/2024).

Majelis Indonesia (MUI) sebelumnya telah menyerukan seluruh umat di Indonesia agar tidak mengonsumsi produk yang terafiliasi dengan Israel, termasuk kurma. MUI menyebut kurma Israel bersifat haram.

Peringatan itu tercantum dalam Fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Dukungan Terhadap Palestina. Dengan memboikot produk-produknya, bisa ikut memperlemah kekuatan Israel. Harapannya, agar Israel menghentikan agresinya di Gaza, Palestina.

Sebagai catatan, Indonesia memang tidak menjalin hubungan diplomatik dengan Israel, tetapi kedua negara masih melakukan perdagangan.

Dari data BPS, total impor dari Israel ke Indonesia selama Januari hingga September 2023 adalah sebesar US$ 14,4 juta. Komoditas impor utamanya adalah mesin, peralatan mekanis dan bagiannya yang masuk dalam klasifikasi kode Harmonized System (HS) 84.

Negara Zionis ini memang dikenal sebagai produsen kurma Medjool terbesar di dunia.

Selain Medjool, Israel juga memproduksi jenis kurma lain seperti Deglet Noor dan Barhi.

Untuk itu, Anda sepatutnya menghindari daftar merk kurma Israel ini. Menghindari kurma asal Israel jadi salah satu cara Anda berkontribusi dalam melawan kekejaman yang dilakukan negara Zionis tersebut terhadap Palestina.

Agar tak salah beli, berikut daftarnya, merangkum berbagai sumber:

1. Star Dates
2. Dates Medjoul
3. Jordan River
4. Bon Bon
5. Carmel Agrexco
6. Hadiklaim
7. Shams
8. Bomaja
9. Desert Diamond
10. Delilah
11. Delilah
12. Urban Platter
13. Sincerely Nuts
14. Edeka
15. Anna & Sarah
16. Galilee
17. Ventura
18. Nava Fresh
19. Bomaja
20. Fancy Medjoul
21. Food to Live
22. Kalahari
23. Karsten Farms
24. Royal Treassure
25. Tamara Barhi
26. King of Dates
27. La Palma
28. Waitrose
29. King Solomon
30. Medjol Plus

Beberapa di antaranya hingga saat ini masih tersedia di sejumlah platform e-commerce Indonesia. (*/jnp)

Bagikan berita ini