Darmansyah : PDRB Regional Kalimantan Mencapai 8,49 Persen

BALI, Kantamedia.com – Otoritas Jasa Keuangan () mengadakan kegiatan Update dan Media Talk, yang digelar di Aula pertemuan OJK Bali pada Jumat, (17/02/2024).

Pada kesempatan itu, Kepala OJK Regional 9 Kalimantan, Darmansyah menyampaikan, bahwa regional Kalimantan tercatat tumbuh positif pada Tahun 2023, sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Nasional.

“Kontribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Regional Kalimantan terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Nasional mencapai 8,49 persen,” ucapnya.

Kontribusi ini lanjut Darmansyah, Kalimantan menempati posisi ketiga setelah Sumatera sebesar 22,01 persen dan Jawa yang mencapai 57,05 persen.

Darmansyah menguraikan pada TW 4 2023, ekonomi di Kalteng dan Kaltim tumbuh lebih jika dibandingkan Nasional dan Regional Kalimantan yaitu masing-masing 6,49 persen dan 5,76 persen, disusul Kalbar 4,90 persen, 4,69 persen dan Kaltara 4,6 persen.

“Pertumbuhan ekonomi Regional Kalimantan, mayoritas dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur yang memiliki kontribusi sebesar 52,24 persen,” ujar Darmansyah.

Ia menyebut, sektor Pertambangan masih menjadi kontributor utama pertumbuhan ekonomi di wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Tengah. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini