Gen Z dan Milenial Keluhkan Biaya Nikah Semakin Mahal

Kantamedia.com – Sekitar tiga perempat atau 75 persen dari generasi Z dan pasangan mengaku biaya pernikahan yang semakin mahal dengan kondisi saat ini. Hal itu diketahui berdasarkan survei yang dilakukan oleh Thriving Center of Psychology.

Mengutip CNBC, Sabtu (19/8/2023), survei oleh Thriving Center of Psychology mengungkapkan pihaknya telah mensurvei 906 generasi Z dan pasangan milenial yang belum menikah pada bulan Juni.

Biaya pernikahan rata-rata mencapai USD 30.000 tahun lalu karena inflasi yang , menurut studi tahunan oleh The Knot, naik USD 2.000 dari 2021.

Baca juga:
Edukasi Politik untuk Mendorong Partisipasi Pemilih dalam Pemilu

Generasi Z mengakui bahwa pernikahan itu mahal, tetapi mayoritas atau 66 persen mengatakan itu sepadan dengan biayanya, ungkap The Knot dalam penelitian selanjutnya. Namun, beberapa pasangan mampu menikah dengan harga yang jauh lebih murah.

berkembang dan semakin banyak pasangan merasa nyaman dengan pernikahan yang lebih kecil dan intim. Hal itu karena mereka membiayai sendiri acara tersebut, kata perencana pernikahan yang berbasis di California Jason Rhee.

Karena itu, berikut ini beberapa pasangan dapat menghemat pengeluaran untuk menikah.

Baca juga:
Viral, Kisah Remaja 13 Tahun Sakit Perut Dibawa ke IGD, Dikira Maag Ternyata Hamil

Prioritaskan hal yang penting

Baru-baru ini satu dekade yang lalu, orang tua dan mertua masih sering mengumpulkan dana untuk membiayai pernikahan. Saat ini, dengan pasangan yang mendanai hampir setengah dari biaya pernikahan sendiri, banyak yang lebih berhati-hati dan sengaja mengambil keputusan.

Pasangan yang bertunangan harus realistis dan berbicara tentang seperti apa pernikahan itu nantinya, kata Rhee. Jujurlah tentang anggaran dan hemat uang untuk hal-hal yang tidak terlalu penting bagi.

“Prioritaskan apa yang penting bagimu,” kata Rhee.

“Hemat USD 1.000 untuk membeli kue demi mendapatkan fotografer impian, tempat yang Anda suka, atau 30 menit ekstra di bar.”

Baca juga:
Inilah Elektabilitas Capres-Cawapres Berdasarkan Suku dan Etnis Pemilih

Jika tidak tahu besaran anggaran, buat daftar elemen-elemen yang Anda suka dan mulai menghitung, saran Rhee.

Bagikan berita ini