OJK Luncurkan Roadmap PMV 2024-2028 Wujudkan Industri Modal Ventura Sehat dan Berintegritas

, kantamedia.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) secara resmi meluncurkan Roadmap dan Penguatan Modal Ventura (PMV) periode 2024-2028, yang diselenggarakan pada selasa lalu di Jakarta.

Peluncuran tersebut sebagai upaya mewujudkan industri Modal Ventura yang sehat, berintegritas, dan berorientasi pada pembiayaan perusahaan rintisan untuk mendukung pengembangan UMKM dan pelindungan konsumen, serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Peluncuran Roadmap Pengembangan dan Penguatan PMV periode 2024-2028 dihadiri OJK Mahendra Siregar, Kepala Eksekutif OJK Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya Agusman dan Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Eddi Danusaputro.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar menjelaskan, bahwa roadmap PMV diluncurkan untuk mendorong dan mengembangkan sektor jasa keuangan untuk semakin berkontribusi kepada perekonomian nasional dan kesejahteraan rakyat.

“Roadmap ini mengacu pada kebutuhan untuk mengembangkan dan menguatkan perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia yang diperlukan oleh banyak kalangan masyarakat,” kata Mahendra.

Sementara Agusman menyampaikan bahwa roadmap Modal Ventura dibutuhkan untuk membenahi aspek tata kelola serta mendorong kontribusi industri Modal Ventura terhadap perekonomian nasional khususnya dalam pembiayaan sektor produktif dan UMKM.

“Roadmap ini menggambarkan upaya yang akan dilakukan OJK bersama dengan industri PMV pada periode 2023-2028 untuk mewujudkan visi bersama mewujudkan industri Modal Ventura yang sehat, berintegritas, dan berorientasi pada pembiayaan perusahaan rintisan untuk mendukung pengembangan UMKM dan perlindungan konsumen,”ungkapnya.

Dia menambahkan, bahwa Roadmap Pengembangan dan Penguatan PMV periode 2024-2028 ditopang dengan empat prinsip pengembangan dan penguatan, yaitu:

Pilar tata kelola dan kelembagaan;

Pilar edukasi dan literasi konsumen;

Pilar pengembangan elemen ; dan

Pilar pengaturan, pengawasan, dan perizinan.

Implementasi pengembangan dan penguatan industri Modal Ventura dilakukan pada tiga fase dalam kurun waktu 2024 hingga 2028, diawali dengan fase penguatan fondasi dan konsolidasi, dilanjutkan dengan fase menciptakan momentum, dan diakhiri dengan fase penyesuaian dan pertumbuhan. (Mhu) 

 

 

 

Bagikan berita ini