Inilah 7 Mobil Paling Irit BBM di Indonesia Tahun 2023

Kantamedia.com – Tren penggunaan kendaraan berbahan bakar bensin atau Internal Combustion Engine (ICE) sedikit demi sedikit mulai coba digeser oleh kendaraan ramah seperti mobil . Karenanya, pabrikan mobil berbahan bakar bensin mulai memikirkan cara agar kendaraannya lebih ramah bensin.

Irit atau tidaknya sebuah kendaraan menjadi salah satu pertimbangan konsumen dalam pembelian kendaraan. Beberapa pabrikan meresponnya dengan cara merilis mobil yang menggunakan mesin lebih irit bahan bakar.

Meski tidak pasti, namun mobil dengan kapasitas mesin cc lebih kecil memiliki kecenderungan lebih irit.

Berikut mobil irit BBM tahun 2023

1. Datsun GO+ Panca

Datsun GO+ Panca bermesin 1.200 cc 3-silinder dengan transmisi manual ini dapat menempuh jarak 23 Km/l. Mobil ini masuk ke dalam segmen LCGC 7-seater, namun saat ini sudah tidak lagi diproduksi dan hanya menyisakan mobil seken di kendaraan bekas.

2. Suzuki Ignis

Mobil ini menjadi salah satu city car dengan irit, yakni konsumsinya bisa mencapai 23 km/liter. Iritnya mobil ini tidak lepas dari mesin 1.2 Liter dengan dua opsi transmisi, yaitu manual 5 percepatan dan 4 percepatan Automatic Gear Shift. Mobil ini sudah meluncur sejak tahun 2020.

3. Daihatsu Ayla/Toyota Agya

Dua mobil di segmen LCGC ini identik dengan mobil irit. Selain harganya yang tergolong rendah, konsumsi BBM-nya pun irit. Dalam kondisi berkendara yang normal, konsumsinya selalu di atas 20 km/liter. Mesin dari kedua mobil ini dibekali mesin 1.0 liter dan 1.2 liter.

4. Toyota Calya/Daihatsu Sigra

Calya dan Daihatsu Sigra merupakan mobil proyek bersama antara Daihatsu dan Toyota, keduanya juga masuk ke dalam segmen LCGC namun dengan jumlah kursi penumpang lebih banyak yakni 7 penumpang. Penggunaan bensin kedua mobil ini bisa menyentuh 15-20 Km/liter.

5. Daihatsu Rocky

Daihatsu sempat mengklaim konsumsi BBM Rocky 1.2 paling irit di kelasnya. Daihatsu Rocky 1.2 dapay menempuh 18-19 km hanya dengan 1 liter.

6. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander memiliki kapasitas bensin 1499 cc dengan katup variabeli MIVEC. Teknologi ini membuat Xpander dapat melaju sejauh 12 Km/l.

7. Toyota Avanza

Mobil sejuta umat ini merupakan pesaing Xpander di kelas Low MPV, mesinnya pun sama di kelas 1.5. Dengan kapasitas mesin tersebut, mobil ini dapat melaju dengan bensin sekitar 12-14 Km/l. (*/jnp)

TAGGED:
Bagikan berita ini