OJK Kalteng Beri Edukasi dan Literasi Progam Desa Cakap Keuangan di Desa Lalang

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Otoritas Jasa Keuangan () Provinsi Kalimantan Tengah menghadiri keuangan cakap mengelola keuangan bersama Pelaku UMKM di Desa Lalang Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kegiatan yang dilakukan merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara , Pemerintah Desa dan PT Bank Kalteng dalam rangka mewujudkan Desa Lalang sebagai desa cakap keuangan.

Kepala Desa Lalang, Muhammad Alfansuri, SP.,M.Si menyampaikan, Desa Lalang punya potensi untuk menjadi dengan ekosistem yang memadai baik dari pelatihan UMKM Bagi perempuan masyarakat desa.

“Saya berharap adanya kegiatan ini dapat meningkatkan literasi keuangan dan memberikan pendampingan pengelolaan keuangan yang baik bagi masyarakat agar masyarakat dan pelaku UMKM di Desa Lalang juga semakin berkembang,” tuturnya.

Kepala OJK Provinsi Kalimantan Tengah, menjelaskan, Progam Desa Cakap Keuangan merupakan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat desa terhadap lembaga, produk maupun layanan jasa keuangan baik konvensional ataupun syariah.

“Melalui kegiatan pembekalan dalam bentuk Training of Trainers – TOT kepada perangkat desa, ataupun edukasi oleh perangkat desa kepada masyarakat,” ucap Otto.

Dia menambahkan, Kegiatan juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap lembaga jasa keuangan, produk dan layanan jasa keuangan dapat meningkat dan terhindar dari iming-iming investasi ilegal.

“Saya berharap Desa Lalang dapat menjadi desa Wisata yang inklusif dan meningkatkan pengelolaan keuangan masyarakat dalam bidang UMKM untuk perempuan,” ungkapnya.

Pada Kegiatan tersebut hadir juga Narasumber dari OJK Provinsi Kalimantan Tengah oleh Noor Bima Haru Kurniawan yang memberikan edukasi literasi pengenalan OJK dan waspada investasi, Himawan Tri Irwanto Perwakilan dari PT Bank Kalteng yang menjelaskan mengenai pengenalan produk dan layanan jasa keuangan yang dapat diakses oleh masyarakat. (Mhu) 

 

 

Bagikan berita ini