Demplot Percontohan DKPPP Barsel Panen 20 Ton Jagung

Buntok, kantamedia.com – Demplot Percontohan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan (Pemkab Barsel) melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barsel, sukses menghasilkan sekitar 20 ton composite atau jagung pakan.

“Demplot percontohan di Desa Sababilah ini merupakan kolaborasi dari UPT Padi Palawija Penda Asam – UPT HMT Sababilah – Kelompok Fungsional dengan PPL yang ditanam sejak 21 Desember 2023 lalu di lahan seluas 1,8 hektare,” kata Kepala DKPPP Barsel Ida Safitri, di sela , Rabu (17/4/2024).

Hasil panen yang dilakukan, jelas Ida Safitri, sudah dikirimkan sampel ke pabrik pakan ternak dan mereka siap membeli dengan harga Rp2.400 – Rp2.700/kg dalam bentuk bonggol.

“Untuk itu nanti sebagian akan kita jual dalam bentuk pipilan yang tentunya dengan harga lebih ,” tukas dia.

Diharapkan dengan Demplot Percontohan ini akan membawa dampak positif kepada kelompok tani supaya berminat dapat mengembangkan lebih luas lagi di lahannya. Hal tersebut juga termasuk langkah strategis dalam memenuhi kebutuhan jagung untuk pakan ternak dengan meningkatkan produktivitas, pengelolaan pascapanen dan membuka akses pasar baik lokal maupun nasional.

Ia menambahkan, jagung termasuk komoditas tanaman sebagai bahan baku utama industri pakan ternak unggas di Indonesia. Jagung kuning dibudidayakan salah satunya untuk memenuhi kebutuhan industri pakan.

Jagung merupakan bahan pakan strategis khususnya untuk pakan ayam karena tingginya kandungan karbohidrat yang tersedia dalam jagung menjadikan jagung sebagai salah satu bahan pakan sumber energi utama.

“Harapan kita kedepannya dengan ketersediaan penanaman jagung pakan di wilayah Kabupaten Barito Selatan, kita akan mengembangkan tempat pengolahan pakan sebagai upaya kita untuk berkontribusi pada sektor pertanian sehingga memberi pengaruh bagi perekonomian masyarakat,” sebut Ida. (*/jnp)

Bagikan berita ini