Tiga Pasangan Capres-Cawapres Lolos Uji Kesehatan

Kantamedia.com – KPU mengumumkan tiga bakal pasangan calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) yang telah mendaftar lolos tes kesehatan untuk mengikuti Pilpres 2024. Ketiga pasangan itu adalah Ganjar Pranowo-, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan -Muhaimin Iskandar.

Ketiga pasangan calon capres dan cawapres yang telah mendaftar ke KPU RI dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Selain itu ketiga yang ada juga dinyatakan bebas narkoba.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari pertama menyebutkan hasil tes Anies-Muhaimin. Pasangan itu dinyatakan mampu menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden serta bebas dari penyalahgunaan narkoba.

Baca juga:
Erick Thohir Berpeluang Jadi Cawapres Prabowo di Koalisi Besar, Asal...

Hasil yang sama juga disebutkan untuk pasangan Ganjar-Mahfud dan Prabowo-Gibran. Maka, ketiga pasangan lolos tes kesehatan.

“Menurut hasil pemeriksaan disimpulkan bahwa, yang pertama, hasil pemeriksaannya mampu untuk menjalankan tugas sebagai presiden dan wakil presiden. Yang kedua, dinyatakan bebas dari penyalahgunaan narkoba,” kata Hasyim di kantor KPU, Jakarta, Jumat (27/10/2023).

Adapun dokumen hasil pemeriksaan itu, diberikan secara bergantian. Mulai dari hasil pemeriksaan kesehatan milik Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, disusul milik Ganjar Pranowo-Mahfud Md, dan terakhir milik Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

KPU menyiapkan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat sebagai satu-satunya rumah sakit yang melakukan pemeriksaan kesehatan capres dan cawapres untuk pemilihan umum () 2024.

Baca juga:
Relawan GBK Bagikan Makanan Gratis Untuk Masyarakat di Palangka Raya

Pemeriksaan kesehatan terhadap pasangan bakal calon presiden dan wakil calon presiden dilakukan sehari setelah pasangan calon melakukan pendaftaran di KPU. Adapun masa pendaftaran ke KPU dibuka mulai 19 Oktober 2023.

Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) menjadi paslon pertama yang menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Oktober 2023.

Sedangkan, bakal calon presiden dan wakil calon presiden Ganjar Pranowo-Mahfud Md melakukan pemeriksaan kesehatan pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Sementara itu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan bakal calon presiden dan wakil calon presiden terakhir yang menjalani pemeriksaan kesehatan. Keduanya melakukan MCU di RSPAD Gatot Subroto pada Kamis, 26 Oktober 2023.

Baca juga:
Menkeu Sri Mulyani Ubah Tarif RS Harapan Kita, Ini Rinciannya

Paslon menjalani rangkaian medical check up (MCU) atau pemeriksaan kesehatan sebagai syarat pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden 2024, diantaranya tes darah, urine, serta tes kesehatan jasmani dan rohani. MCU setidaknya berjalan selama 8-10 jam.

Pada saat yang sama, KPU juga masih melakukan verifikasi berkas pendaftaran yang sebelumnya diserahkan ketiga pasangan bakal capres-cawapres itu.

pasangan calon diumumkan pada 13 November 2023. Pengundian nomor urut digelar 14 November 2023. (*/jnp)

Bagikan berita ini