Rusia Godok RUU Warga Penyebar Hoaks tentang Militer Bakal Dimiskinkan

Kantamedia.com – Para anggota parlemen Rusia tengah menggodok rancangan undang-undang (RUU) yang mengizinkan penyitaan uang dan properti orang-orang yang menyebarkan (informasi palsu) secara sengaja tentang negara itu. Hal tersebut diungkapkan oleh politikus senior Rusia, Vyacheslav Volodin, akhir pekan ini.

Volodin—yang menjabat sebagai ketua Duma Negara () Rusia itu—mengatakan pemiskinan itu juga akan berlaku bagi mereka yang dinyatakan bersalah atas berbagai bentuk pengkhianatan lainnya terhadap negara.

Di antara bentuk-bentuk kejahatan itu adalah “mendiskreditkan” Angkatan Bersenjata Rusia; menyerukan sanksi terhadap Rusia, atau; menghasut aktivitas ekstremis.

“Setiap orang yang mencoba menghancurkan Rusia, yang mengkhianatinya, harus menghadapi hukuman yang pantas dan memberikan kompensasi atas kerusakan yang ditimbulkan pada negara ini, dengan mengorbankan harta benda mereka sendiri,” tulis Volodin di Telegram.

Dia mengatakan, RUU itu akan dibawa ke Duma Negara pada Senin (22/1/2024).

Sejak melancarkan agresi militer ke Ukraina pada Februari 2022, Rusia telah meningkatkan tindakan keras terhadap segala bentuk perbedaan pendapat di dalam negeri.

Berdasarkan undang-undang yang disahkan pada tahun yang sama, para pelaku yang dinyatakan terbukti mendiskreditkan militer Rusia atau menyebarkan informasi palsu tentang mereka sudah dapat dihukum dengan pidana penjara yang lama. (*/jnp)

Bagikan berita ini