Minimalisir Persoalan dengan Masyarakat, Dewan Minta Pemprov Perketat Izin PBS

PALANGKA RAYA, kantamedia.com II , Achmad Rasyid meminta kepada pemda di provinsi ini supaya bisa lebih ketat dalam memberikan izin kepada perusahaan baik yang baru beroperasi maupun yang akan memperpanjang izinnya.

Perusahaan besar swasta (PBS) kerap melanggar aturan, sehingga merugikan warga sekitar dan juga itu sendiri, hal ini menjadi perhatian berbagai kalangan terutama Kalteng.

“Izin harus diperketat lagi, tujuannya untuk meminimalisir atau menekan persoalan yang kerap terjadi seperti melanggar aturan. Karena, apabila terus terjadi seperti itu maka daerah dan juga masyarakat akan dirugikan,” ucapnya, Kamis, (23/11/2023).

Dia mengatakan, sebelum memberikan atau memperpanjang izin beroperasi perusahaan, Pemda harus memperhatikan berbagai hal, terutama kepatuhan perusahaan dalam mentaati aturan yang berlaku misalnya merealisasi plasma maupun CSR.

“Perusahaan juga diingatkan kembali soal pengelolaan limbah, jangan sampai membuang secara sembarangan, sebab hal itu akan mengakibatkan pencemaran ,” ujarnya.

Dia menambahkan, apabila perusahaan berkomitmen menaati setiap aturan, maka tidak jadi masalah izin diberikan, namun jika dikemudian hari melanggar harus diberi tindakan tegas, dengan mencabut izinnya.

“Kita sebenarnya tidak anti , tapi disini aturan harus ditaati dan keberadaan perusahaan harus sama-sama saling menguntungkan,” tegasnya.

Dia meminta kepada pemerintah, agar selalu memperhatikan terkait dari perizinan PBS dan kepada PBS yang beroperasi dapat mematuhi segala peraturan yang diterapkan oleh pemerintah. (Mhu*) 

Bagikan berita ini