Persiapkan Tenaga Kerja Melalui Program Pelatihan

Palangka Raya, kantamedia.com – Perkembangan Kalimantan Tengah (Kalteng) lebih banyak tantangan ke depan, terlebih adanya pembangunan di Kalimantan Timur (Kaltim) akan berdampak signifikan terutama akan menanamkan modal, berinvestasi mendirikan -perusahaan.

Untuk itu, Ketua Komisi IV DPRD Kalteng, HM meminta kepada semua pemda di Kalteng melalui instansi terkait supaya memaksimalkan dalam mempersiapkan tenaga kerja melalui program pelatihan.

“Mulai sekarang kita harus mempersiapkan SDM tenaga kerja kita, dengan bekal melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan. Kita harus siap dengan perkembangan Kalteng kedepan,” ucapnya, Rabu (1/11/2023).

Baca juga:
Ciptakan Lapangan Pekerjaan Terbuka Dengan Optimalkan SDA Kalteng

Pesatnya pembangunan atau investasi di Kalteng ini, jangan sampai SDM lokal hanya menjadi penonton saja, karena kalah bersaing.

Oleh sebab itu sangat perlu bagi pemerintah meningkatkan program pelatihan.

Pemerintah Provinsi Kalteng menurut Sriosako, perlu menyediakan sistem rekrutmen yang tersistematis di tengah banyaknya investasi yang masuk karena dampak adanya IKN.

“Program pun harus bisa menyentuh masyarakat atau SDM tenaga kerja yang ada di pedesaan, tidak hanya wilayah tertentu saja, agar SDM kita dari hingga bisa memiliki kualitas yang sama,” ujarnya.

Baca juga:
Dewan Minta Pemprov Optimalkan Sektor Pertanian, Untuk Tingkatkan PAD

Ia meyakini apabila SDM tenaga kerja lokal Kalteng memiliki kualitas maka kedepan akan mampu bersaing dalam dunia kerja dan bisa meningkatkan perekonomian hingga kesejahteraan. (Mhu*)

Bagikan berita ini