Kabar Gembira dari Taspen Untuk Pensiunan, Cek Rekening Mulai Hari Ini

Kantamedia.com – Pengumuman baru-baru ini dari PT Taspen (Persero) menggembirakan untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di seluruh Indonesia. Pasalnya, Taspen mengumumkan bahwa tunjangan atau THR pensiunan akan diberikan mulai tanggal 22 2024.

Sebagai salah satu momen yang dinanti-nantikan setiap tahunnya, pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Pensiunan PNS menjadi sorotan utama dalam perjalanan mereka setelah pensiun.

Sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 Tahun 2024, yang menjadi landasan bagi pembayaran THR bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pensiunan. PP ini secara rinci mengatur komponen-komponen yang menjadi dasar perhitungan THR.

Menurut PP Nomor 14 Tahun 2024, THR yang akan diterima oleh Pensiunan PNS pada tahun 2024 mencakup 100 persen dari beberapa komponen, di antaranya: pokok pensiun, tunjangan , tambahan penghasilan, tunjangan keluarga.

“Tambahan Penghasilan Pensiun adalah tunjangan yang diberikan (pada awal tahun 2001) karena pada saat adanya kenaikan pensiun pokok, gaji pensiunannya kurang dari penghasilan sebelumnya,” kata PT Taspen.

Melalui akun resmi Instagramnya, @taspen telah mengumumkan bahwa pembayaran THR bagi Pensiunan PNS akan dimulai pada tanggal 22 Maret 2024. Pengumuman ini memberikan kepastian kepada para penerima mengenai waktu pasti pembayaran yang akan mereka terima.

“Besaran Tunjangan Hari Raya berdasarkan komponen penghasilan yang dibayarkan pada bulan Maret Tahun 2024 yang terdiri atas pensiun pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan dan tambahan penghasilan,” ungkap PT Taspen dalam unggahannya.

Sebagai catatan penting, pembayaran THR kepada pensiunan PNS akan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam PP Nomor 14 Tahun 2024. Hal ini berarti bahwa besaran THR yang diterima akan mencakup semua komponen yang telah diatur, tanpa ada potongan apapun, yang ada hanya PPh yang di tanggung oleh Pemerintah.

Pengumuman ini tidak hanya menghadirkan kelegaan bagi pensiunan PNS, tetapi juga menjadi momentum untuk menghargai jasa-jasa mereka dalam membantu membangun bangsa.

Dengan adanya tambahan penghasilan ini tentunya membuat para pensiunan PNS semakin gembira karena menerima tambahan di luar komponen gaji bulanan yang biasa ditransfer PT Taspen.

Sebagai informasi, untuk tunjangan keluarga akan diberikan sebesar 2 persen dari gaji pokok. Sedangkan tunjangan pangan atau tunjangan beras berupa uang dari beras sebanyak 10 kilogram dengan Rp7.242/kg, yang dinominalkan menjadi Rp72.240.

Setelah menerima THR 2024 ini, pensiunan PNS juga akan segera menerima gaji bulanan pada 1 April 2024 mendatang. (*/jnp)

Bagikan berita ini