Ginting dan Jonatan bertemu di Final All England 2024

Kantamedia.com – Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dipastikan mengakhiri 22 tahun penantian Indonesia untuk menempatkan wakil tunggal putra dalam babak final Open 2024.

Itu setelah Ginting pada Sabtu (16/3/2024) mengakhiri perjalanan wakil Prancis Christo Popov pada semifinal melalui rubber d19-21, 21-5, 21-11 dalam tempo 1 jam 15 menit.

Dua tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie dipastikan akan saling berhadapan satu sama lain pada babak final All England Open 2024, Minggu (17/3/2024).

Hal itu menyusul Jonatan yang melangkah ke babak pamungkas setelah mengunci kemenangan atas wakil Lakshya Sen, pada semifinal melalui rubber game dengan skor 21-12, 10-21, 21-15 dalam tempo 1 jam 7 menit.

Mengenai jalannya pertandingan, kedua pemain sempat terlibat perebutan angka yang cukup ketat di awal gim pertama.

Baca juga:
Hasil Lengkap All England 2023, Tiga Negara Berbagi Gelar Juara

Namun, selepas minum pertama, wakil Indonesia mampu menguasai ritme permainan di gim pertama dan tidak memberikan kesempatan bagi Sen untuk mencuri poin darinya.

Namun, dominasi itu tidak mampu dipertahankan oleh tunggal putra peringkat sembilan dunia di gim kedua. Sen mengubah strategi dan memegang kontrol permainan sejak awal pertandingan kedua dan Jonatan dibuat tidak berkutik. Wakil India pun berhasil merebut kemenangan gim kedua dan membuat kedudukan antara kedua pemain menjadi berimbang.

Baca juga:
8 Pebulutangkis Indonesia Dapat Hukuman Berat dari BWF, 3 Orang Disanksi Seumur Hidup

Pada gim pamungkas, Sen yang sudah memiliki kepercayaan diri karena menang telak atas Jonatan di gim sebelumnya, memutuskan untuk lebih agresif dalam menyerang. Strategi itu membuahkan hasil dan membuat Sen sempat unggul pada awal gim ketiga.

Namun, Jonatan memilih untuk tidak terpancing dengan gaya permainan lawan dan tampil lebih sabar, hingga pada akhirnya ia merebut interval gim ketiga 11-7.

Keunggulan itu pun dipertahankan dengan baik oleh Jonatan, sampai ia meraih matchpoint pertamanya 20-12.

Pada momen krusial tersebut, juara French Open 2023 itu malah lengah dan membuat Sen meraih tiga poin beruntun, sebelum akhirnya Jonatan mengunci kemenangan di gim penentu 21-17.

Baca juga:
Hasil Lengkap All England 2023, Tiga Negara Berbagi Gelar Juara

Sementara itu, ini adalah kali pertama dalam 30 tahun terakhir dimana final tunggal putra turnamen tertua di dunia itu mempertemukan dua pemain Indonesia.

Terakhir kali laga “All Indonesian Final” itu terjadi pada All England 1994 saat Hariyanto Arbi berhadapan dengan Ardy Bernardus Wiranata.

Dengan pencapaian ini pula, maka Indonesia untuk pertama kalinya memiliki juara All England Open dari sektor tunggal putra, dimana terakhir kali gelar itu diraih oleh Hariyanto Arbi secara beruntun di tahun 1993 dan 1994. (*/jnp)

Bagikan berita ini