Prestasi Lagi, Indeks SPBE Barito Selatan Meningkat Secara Nasional

Buntok, kantamedia.com Barito Selatan kembali menorehkan prestasi gemilang dalam penerapan Sistem Berbasis Elektronik (SPBE).

Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan menyatakan, melalui komitmen dan upaya keras seluruh pemerintah daerah, Kabupaten Barito Selatan berhasil meraih kategori “BAIK” dalam Indeks SPBE secara Nasional untuk Tahun 2023.

“Sebagai informasi, pada tahun 2022 yang lalu, Indeks SPBE Kabupaten Barsel baru berada pada angka 2,37 dengan Kategori “CUKUP”. Dan di tahun 2023, melalui kerja keras dan komitmen seluruh elemen Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Indeks SPBE Barsel dengan signifikan menjadi 3,19, dengan katagori “BAIK” dan menduduki peringkat 1 untuk wilayah Kalimantan Tengah sesuai Pengumuman hasil evaluasi SPBE yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri PANRB No. 13/2024 tentang Hasil Evaluasi SPBE pada Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah Tahun 2023,” beber Deddy Winarwan, Selasa (16/1/2023).

Pencapaian ini, lanjut dia, menjadi bukti nyata keseriusan Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dalam meningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan informasi.

“Pada Indeks SPBE ini, yang dinilai sebagai tolok ukur efisiensi dan transparansi pelayanan publik elektronik dan Kabupaten Barsel berhasil mencatat pencapaian luar biasa,” ujarnya.

Melalui upaya berkelanjutan dalam menerapkan teknologi informasi dan komunikasi, Kabupaten Barsel berhasil meraih peningkatan signifikan dalam Indeks SPBE, yang mencerminkan dedikasi dalam memajukan pelayanan publik dan efisiensi administrasi.

Deddy Winarwan, mengungkapkan kebahagiaan dan apresiasinya terhadap pencapaian tersebut.

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas prestasi ini, yang tidak hanya mencerminkan kinerja pemerintah daerah, tetapi juga partisipasi aktif masyarakat dan seluruh pihak terkait. Keberhasilan ini adalah buah dari kolaborasi yang solid dan kesungguhan untuk mewujudkan pemerintahan yang efisien, transparan dan responsif,” ungkap dia.

“Dengan meraih kategori ‘BAIK' dalam Indeks SPBE, kita membuktikan bahwa Kabupaten Barito Selatan siap bertransformasi menjadi pemerintahan yang responsif dan inovatif. Ini adalah langkah positif dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pemanfaatan teknologi informasi,” kata Deddy Winarwan.

Peningkatan indeks SPBE ini juga sejalan dengan komitmen Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Keterlibatan masyarakat dalam memanfaatkan layanan publik berbasis elektronik diharapkan dapat semakin meningkat, menciptakan interaksi yang lebih efektif antara pemerintah dan masyarakat. (*/jnp)

Bagikan berita ini