Cabai Merah Kian Mahal di Kalteng

, kantamedia.com – Melansir dari Laman Pusat Informasi Strategis (PIHPS) Nasional dari Bank Indonesia, telah merilis bahwa harga setiap hari kian melonjak, apalagi jelang dan Tahun baru.

Harga cabai merah di Kalimantan Tengah (Kalteng) per hari Selasa, 5 Desember 2023 kemarin, berada di harga Rp. 123.750,- per kilogram, sementara harga cabai tertinggi ada di Maluku yaitu Rp 143.750 per kilogram.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, harga , seperti beras, telur, minyak goreng rata-rata stabil masih dalam kondisi stabil, kecuali cabai rawit merah.

“Harga cabai saat ini masih melambung. Penyebabnya, para pedagang kini hanya menyimpan stok sedikit sehingga ongkos angkutnya mahal,” katanya, Rabu, 6 Desember 2023.

Karena itu, katanya pihaknya serta pusat dan provinsi akan melaksanakan subsidi biaya angkut agar dapat menekan harga cabai.

“Kementerian Perdagangan akan terus mencari jalan keluar untuk mengatasi kenaikan harga cabai saat ini. Supaya, kenaikan harga cabai ini tidak berpengaruh terhadap inflasi,” tandasnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa kebutuhan bahan pokok dan bahan lainnya jadi perhatian, karena kebutuhan tersebut, merupakan kebutuhan yang sangat dibutuhkan apalagi jelang hari raya Natal dan tahun baru.  (Mau*) 

 

 

 

Bagikan berita ini