BUMDes Instrumen Penting Tingkatkan Pendapatan Desa

Kantamedia.com, – Badan Milik Desa atau BUMDes punya peran penting dalam mengelola berbagai jenis usaha yang dapat menjadi sumber pendapatan desa sehingga bisa mandiri. Maka dari itu keberadaan BUMDes harus dapat dimaksimalkan.

Ketua Komisi I Kalteng, meminta kepada seluruh desa yang ada di Kalteng agar dapat menjadikan BUMDes sebagai instrumen penting untuk meningkatkan pendapatan desa.

“Bagi desa yang belum memiliki BUMDes agar bisa dibentuk, sebab ini penting bagi keberlangsungan desa. Peran BUMDes tentu sangat strategis terutama untuk menciptakan desa mandiri,” ucapnya, Senin (2/10/2023).

Menurutnya, setiap desa harus mampu memenuhi kebutuhan secara mandiri, terlebih lagi pemerintah telah membantu seluruh desa dengan menyalurkan (DD).

“Tidak lupa pemda juga harus mendukung perkembangan BUMDes dengan memberikan pelatihan bagi pengelola BUMDes. Sebab, BUMDes ini dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi lokal dan peningkatan pendapatan desa,” imbuhnya.

Dengan bertumbuhnya BUMdes lanjutnya, tentu saja bisa memberikan pemasukan bagi desa tersebut, sehingga sangat penting BUMdes untuk ditingkatkan agar desa di Kalteng bisa berkembang dan maju.

Meski demikian, Freddy Ering juga mengingatkan agar sebelum mendirikan BUMDes, pemerintahan desa terlebih dahulu melihat potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun potensi lainnya yang ada di desanya masing-masing yang bisa dikembangkan dan diperlukan masyarakat.

Ia mencontohkan, seperti pada suatu desa yang memiliki potensi hasil dan , maka sangat diperlukan BUMDes dalam bidang usaha pupuk dan obat-obatan pertanian.

“Sehingga nantinya BUMDes ini betul-betul bisa berkembang sesuai harapan memajukan desa,” pungkasnya. (Mhu*)

Bagikan berita ini