Ciptakan Generasi Hebat Tanpa Stunting Berawal Dari Peran Keluarga

Kantamedia.com, Palangka Raya – Dalam rangka untuk menekan atau mencegah stunting tidak hanya menjadi peran saja tapi juga masyarakat melalui keluarga masing-masing.

Peran keluarga untuk mengatasi stunting merupakan hal yang sangat penting, karena dari keluarga itulah nantinya akan menciptakan generasi hebat bebas stunting.

“Dalam upaya percepatan penurunan stunting, keluarga memiliki peran yang sangat penting terutama dalam memberikan praktik pengasuhan yang baik dan menciptakan lingkungan sanitasi yang memenuhi standar kesehatan,” kata Ketua DPRD Kalteng, Siti Nafsiah, Kamis (5/10/2023.

Karena itu, Nafsiah mendorong adanya upaya meningkatkan peran keluarga dalam mengatasi stunting agar prevalensinya tidak terus mengalami peningkatan.

“Dari data yang ada prevalensi stunting di Kalteng mengalami penurunan, tetapi itu tidak terlalu signifikan. Artinya stunting masih ada dan perlu upaya maksimal dalam menanganinya,” ucapnya.

Menurutnya, peran keluarga sangat penting dalam upaya mencegah stunting, sebab terutama para ibu merupakan orang pertama yang memberikan asupan kepada anaknya baik ketika hamil hingga melahirkan.

Peningkatan pengetahuan dan pemahaman keluarga serta komunitas berperan penting dalam pencegahan stunting dan mempersiapkan anak agar tumbuh dan berkembang secara menjadi generasi yang maju.

“Oleh karena, upaya-upaya mencegah stunting ini agar tidak terjadi khususnya memenuhi asupan gizi serta rutin memeriksa kesehatan anak harus dapat menjadi seluruh keluarga yang ada di provinsi ini,” pungkas Nafsiah. (Mhu*)

Bagikan berita ini