Tingkatkan Kesadaran Menjaga Pelestarian Hutan di Kalteng

, kantamedia.com – Hutan punya banyak , Keberadaan hutan membawa dampak positif baik bagi manusia atau pun dan makhluk hidup lainnya.

Fungsi utama dari hutan yang ditumbuhi berbagai jenis tanaman lebat ialah untuk menyerap karbon dioksida yang ditimbulkan oleh manusia, kendaraan bermotor, limbah pabrik maupun sumber-sumber lainnya.

Anggota Tengah (Kalteng) Kuwu Senilawati mengajak, semua pihak untuk lebih meningkatkan kesadaran dalam menjaga kelestarian hutan.

“Pelestarian hutan harus menjadi fokus utama kita. Ini bukan hanya untuk kepentingan saat ini, tetapi juga untuk menjaga alam bagi generasi yang akan datang,”katanya, kemarin.

Ia menjelaskan, pemanfaatan potensi di hutan harus seimbang dengan upaya pelestarian. Ketidakseimbangan dalam pemanfaatan sumber daya alam dapat mengancam keberlangsungan ekosistem dan menyebabkan bencana alam seperti banjir dan tanah .

“Sumber daya alam di hutan seringkali dimanfaatkan tanpa memperhatikan dampaknya. Hal ini dapat menyebabkan punahnya flora dan fauna langka serta menurunkan ketersediaan air,yang pada gilirannya dapat memicu bencana alam,”tuturnya.

Dia menyebut dalam menjaga hutan Pentingnya kerjasama antara dan perusahaan dalam menjaga dan melestarikan hutan.

“Kepatuhan dalam menjaga serta melestarikan hutan adalah tanggung jawab bersama. Kita tidak boleh hanya bergantung pada pemerintah. Semua pihak harus terlibat,” ungkapnya.

Kader dari fraksi Gerindra ini menegaskan, upaya pelestarian hutan dapat menjadi investasi jangka panjang untuk keberlanjutan lingkungan dan kehidupan manusia di masa mendatang. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini