Jaga Kesenian Tradisional Dengan Partisipasi Semua Pihak

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Kesenian di Kalimantan Tengah () baik yang bersifat lokal maupun non-lokal harus dijaga agar tidak hilang begitu saja ditengah perkembangan zaman.

Wakil Ketua I DPRD Kalteng Abdul Razak mengatakan, kesenian atau lokal sebagai kekayaan budaya, harus dapat dipertahankan dan dilestarikan.

“Kesenian tradisional perlu terus kita lestarikan, seperti misalnya di Kalteng ada banyak kesenian tradisional baik itu lokal maupun non-lokal, semua itu harus bisa kita pertahankan,” katanya, Kamis, (25/01/2024).

Dalam upaya melestarikan kesenian tradisional, Razak mengajak semua pihak untuk berpartisipasi termasuk dan .

“Khususnya para pelaku , dengan melakukan Berbagai kegiatan, diharapkan dapat dilakukan guna mendukung pelestarian kesenian ini,” katanya.

Razak juga menyoroti, pentingnya mengenalkan kesenian tradisional kepada sejak dini. Hal ini dianggap sebagai langkah penting agar generasi penerus dapat ikut serta dalam upaya pelestarian budaya.

“Agar tak punah maka perlu ada regenerasi, untuk itu generasi muda diberikan bekal dengan belajar kesenian tradisional di Kalteng,” ungkapnya.

Ia menegaskan bahwa tidak boleh ada kesenian tradisional yang hilang dari pengetahuan generasi muda. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini