Ketua DPRD Kalteng Minta Pemprov Perhatikan Sektor Pendidikan

Palangka Raya, Kantamedia.com merupakan sektor yang sangat penting agar Kalimantan Tengah (Kalteng) bisa jadi generasi yang punya masa depan dan punya daya saing. 

Untuk itu Kalteng, meminta Pemerintah Daerah (pemda) agar serius memperhatikan sarana, prasarana di semua tingkatan mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, maupun SMA/SMK.

“Kurang layaknya sarana pendidikan berpengaruh terhadap layanan atau proses belajar mengajar, begitu juga dengan kesehatan pelayanan kepada masyarakat tidak maksimal. Selain sarana, seperti halnya tenaga pendidik serta kesehatan banyak yang kekurangan, ini juga sangat berpengaruh,” ujarnya, Kamis (5/10/2023).

Baca juga:
Menjaga Kelestarian Hutan Demi Generasi Mendatang

Menurut Wiyatno, pendidikan merupakan investasi masa depan, sebab generasi yang terdidik memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dalam kehidupan, menciptakan lapangan kerja dan berkontribusi pada perkembangan dan sosial.

“Pendidikan dapat menjadi alat yang efektif untuk mengurangi ketidaksetaraan dalam masyarakat. Dengan memberikan akses yang sama ke pendidikan berkualitas, kita dapat mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi,” katanya. 

Wiyatno mengatakan, pendidikan memainkan peran kunci dalam mendorong inovasi dan kemajuan pada berbagai sektor, termasuk teknologi, ilmu pengetahuan, dan ekonomi. Negara atau daerah yang memiliki sistem pendidikan yang kuat lebih mungkin berkembang secara ekonomi dan teknologi.

Ia menambahkan, dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang handal ujung tombaknya yaitu pendidikan dan kesehatan, apabila kedua hal tersebut tidak terpenuhi dengan baik maka untuk menghasilkan SDM handal yang mampu bersaing akan sangat sulit terwujud.

Baca juga:
Saat Berkunjung di Bunbes, Masyarakat Diimbau Untuk Jaga Kebersihan

“Karena kedua sektor itu saling berkaitan, artinya didalam jiwa yang sehat maka untuk mencapai pendidikan hingga tingkat paling tinggi itu akan optimal, sebaliknya apabila tidak terpenuhi maka sulit untuk diwujudkan. Maka wajib bagi pemda memperhatikan peningkatan pendidikan dan kesehatan ini,” tandasnya.

Untuk itu, Wiyatno mengingatkan bahwa dalam memperhatikan sektor pendidikan ini juga khususnya di Kalteng pemda, masyarakat, dan sektor swasta perlu bekerja sama untuk memastikan bahwa pendidikan berkualitas dan terjangkau tersedia untuk semua orang. (Mhu*)

Bagikan berita ini