Tingkatkan Kualitas SDM Agar Dapat Bersaing Dalam Dunia Kerja

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) perlu digencarkan oleh instansi terkait di pemerintahan daerah baik provinsi, dan di Kalteng, karena dengan peningkatan SDM maka Kalteng akan lebih unggul dan maju dari daerah lain.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengatakan, peningkatan SDM perlu dijadikan sebagai salah satu perhatian dan programnya harus dicanangkan berkelanjutan, sehingga khususnya di Kalteng akan banyak tercipta SDM yang memiliki kualitas dan mampu bersaing dalam dunia kerja.

Baca juga:
Peningkatan SDM Dimulai Dari Sektor Pendidikan yang Baik

“Dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas SDM ini juga harus merata, tidak hanya fokus pada wilayah perkotaan saja akan tetapi bisa menjangkau wilayah atau dengan menjalin kerja sama,” ucapnya, Jumat (17/11/2023).

Dia menyebut, dengan mengadakan program peningkatan SDM untuk wilayah pedesaan, pemda bisa terjun langsung ke lapangan serta bekerja sama dengan pihak desa. Pasalnya, investasi saat ini sudah banyak merambah wilayah desa baik itu pertambangan maupun perkebunan .

“Jadi masyarakat di desa pun bisa memiliki kualitas dan mampu bersaing dalam dunia kerja, artinya program peningkatan kualitas SDM ini harus merata. Karena, di wilayah pedesaan juga sudah banyak perusahaan-perusahaan yang berdiri,” jelasnya.

Baca juga:
Istri Wali Kota: Tingkatkan Mutu dan Kualitas PAUD Palangka Raya

Selain itu, menciptakan SDM berkualitas juga tidak hanya upaya mendukung masyarakat mudah dalam mendapatkan pekerjaan, akan tetapi juga yakni untuk bersama membangun daerah, misalnya ketika SDM itu mumpuni dan mampu membuka maka akan menciptakan lapangan kerja. (Mhu*) 

Bagikan berita ini