Puasa Makin Lancar dengan Olahraga Yoga Secara Rutin

Kantamedia.com – Ketika sedang berpuasa, seseorang cenderung merasa lemas dan lesu sehingga tidak berminat untuk olahraga. Padahal, olahraga saat puasa dapat memberikan banyak , salah satunya membuat tubuh tetap bugar selama puasa.

Banyak sebagian orang pada saat puasa memilih olahraga ringan seperti merenggangkan tangan keatas, atau jalan jalan pada sore hari. Salah satu olahraga Yoga merupakan salah satu pilihan yang bisa dilakukan meski sedang berpuasa. Mari simak manfaat yoga saat puasa dalam artikel berikut ini.

Manfaat Yoga untuk Puasa

Selama bulan , akan lebih baik bila Anda juga menjaga pikiran agar tetap tenang dan rileks untuk menghindari stres. Hal ini bisa diperoleh dengan melakukan yoga secara rutin. Selain membuat pikiran lebih rileks, masih banyak manfaat yoga saat puasa yang bisa Anda dapatkan. Berikut uraian selengkapnya.

1. Membuat Pikiran Lebih Tenang

Seperti yang sudah dijelaskan, yoga dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang dan rileks saat menjalani aktivitas puasa. Gerakan yoga yang kebanyakan memerlukan keseimbangan tubuh dapat membantu seseorang menjadi lebih rileks. Alhasil, bila dilakukan secara rutin, beban pikiran pun dapat berkurang sedikit demi sedikit.

2. Menjaga Stamina

Manfaat yoga saat puasa berikutnya adalah menjaga stamina. Lemah, letih, dan lesu ketika berpuasa terkadang bisa diakibatkan karena seseorang sangat sedikit melakukan aktivitas fisik. Untuk itu, tidak ada salahnya mencoba yoga secara rutin agar tubuh tetap bugar selama puasa. Pasalnya, yoga dapat membantu merasakan peningkatan energi mental dan fisik melalui beragam gerakannya.

3. Meningkatkan Tidur

Memasuki bulan Ramadan, pola tidur seseorang bisa terganggu karena adanya perubahan kebiasaan di malam hari, seperti salat Tarawih dan . Kendati demikian, Anda tetap disarankan untuk tidur yang cukup dengan kualitas baik. Jadi, agar kualitas tidur saat puasa tetap terjaga, cobalah melakukan yoga secara rutin. Jenis olahraga ini diketahui dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak.

4. Menurunkan Berat Badan

Meski tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman setiap saat, puasa tidak serta-merta menyebabkan berat badan secara langsung. Apabila seseorang tidak menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat selama puasa, maka peningkatan berat badan tetap akan terjadi.

5. Mengurangi Stres

Salah satu manfaat yoga untuk mental adalah dapat mengurangi stres. Gejala cemas atau stres selama masa puasa dapat mengganggu aktivitas puasa, sehingga penting untuk mencari cara mengatasinya. Secara umum, yoga bisa meningkatkan produksi hormon kebahagiaan (hormon endorfin) dan menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres). Alhasil, rasa cemas pun bisa berkurang.

6. Melatih Kesabaran

Menahan kesabaran selama bulan Ramadan mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Hal ini bisa dibantu dengan melakukan yoga secara rutin. Di mana, salah satu manfaat yoga saat puasa adalah melatih kesabaran. Yoga juga dapat membantu meningkatkan suasana hati dan mengelola stres. Alhasil, pikiran pun dapat menjadi lebih tenang.

 

Tips Melakukan Yoga saat Puasa

Pada dasarnya, olahraga saat puasa memang aman dilakukan. Kendati demikian, Anda perlu mempertimbangkan waktu yang tepat. Selama berpuasa, usahakan untuk olahraga di waktu-waktu yang sekiranya aman di mana Anda tidak akan mengalami dehidrasi atau kehabisan energi.

Waktu yang disarankan untuk melakukan yoga saat puasa adalah sebelum , setelah berbuka puasa, sebelum tidur, dan sebelum sahur. Selain itu, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, lemak, serta cairan tubuh agar tidak mengalami dehidrasi saat olahraga. (Art/Mhu) 

 

Bagikan berita ini