Awal Ramadan 2024 Libur 4 Hari, Ini Jadwalnya

Kantamedia.com – Dalam hitungan hari, umat Muslim di seluruh dunia akan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Artinya, seluruh umat Muslim selama satu bulan penuh umat Muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah .

Kabar baiknya, ada hari sehingga umat Muslim di Indonesia bisa menjalani hari-hari pertama ibadah puasa Ramadan dengan lebih khusyuk bersama orang terkasih. Ini karena ada libur cukup panjang yang jadwalnya bertepatan dengan awal Ramadan.

Lalu, kapan awal Ramadhan 2024?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, penting diketahui bahwa ada perbedaan penentuan awal Ramadhan antara dua organisasi Islam terbesar di negeri ini, yakni Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah serta (NU). Adapun pemerintah menggunakan metode yang digunakan oleh NU. Perbedaan ini bisa memunculkan hasil yang berbeda pula terkait awal bulan baru.

Awal Ramadan 2024 Versi Muhammadiyah

Tanggal 1 Ramadan 1445 H menurut Muhammadiyah bertepatan pada 11 Maret 2024. Ini berarti shalat tarawih pertama akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024.

Penetapan itu tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti. PP Muhammadiyah menggunakan metode hisab hakiki wujudul hilal untuk menetapkan permulaan bulan Hijriah.

Awal Ramadan 2024 Versi NU dan Pemerintah

Sementara itu, tanggal 1 Ramadhan 1445 H versi Nahdlatul Ulama (NU) dan Pemerintah baru akan ditetapkan melalui sidang isbat yang digelar akhir Syaban nanti. Melansir laman resmi , Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadhan 1445 Hijriah akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024.

Berbeda dengan Muhammadiyah, pemerintah dan NU menggunakan metode rukyatul hilal dalam menentukan awal bulan. Metode tersebut mempertimbangkan hasil hisab posisi hilal yang dikonfirmasi lagi lewat pengamatan hilal dengan kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura). Tinggi hilal saat Matahari terbenam menurut kriteria MABIMS minimal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Meski demikian, apabila mengacu pada kalender Hijriah Indonesia 2024 terbitan Kementerian Agama, maka awal Ramadan 2024 versi pemerintah dan NU diperkirakan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024.

Libur Panjang Awal Ramadan

Merujuk Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri Libur dan 2024, awal puasa bukanlah hari libur nasional atau cuti bersama. Tetapi, pada 11 Maret (Senin) kalender berwarna merah yang menunjukkan hari libur nasional, yakni hari libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946. Itu merupakan salah satu dari 17 hari libur nasional sepanjang 2014.

Tidak hanya satu hari, Anda bisa mendapatkan libur panjang sebab pada 12 Maret (Selasa) merupakan cuti bersama Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1946.

Libur Awal Ramadhan 2024

9 Maret (Sabtu) – tanggal merah akhir pekan
10 Maret (Minggu) – tanggal merah akhir pekan
11 Maret – Hari Nyepi (hari pertama Ramadan versi Muhammadiyah)
12 Maret – cuti bersama Nyepi

(*/jnp)

TAGGED:
Bagikan berita ini