Pemkab Barsel dan UGM Teken MoU Kerjasama

Kantamedia.com – Pemerintah Kabupaten Barito Selatan ( Barsel) dan Univesitas Gajah Mada () sepakat memperkuat kerja sama dalam bidang pendidikan, penelitian, pelatihan, dan pengabdian kepada , serta pengembangan sumber daya manusia.

Hal tersebut tertuang dalam Nota Kesepahaman Bersama (MoU) yang ditandatangani oleh Penjabat (Pj) Bupati Barsel Deddy Winarwan dan Rektor UGM Ova Emilia, di Yogyakarta, Kamis (18/4/2024).

“Kerjasama ini akan berlaku selama 5 tahun,” kata Deddy usai penandatanganan MoU.

Dalam MoU, jelas dia, juga telah diatur dan dituangkan perjanjian tersendiri dan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari nota kesepahaman bersama tersebut di antaranya kegiatan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (Capacity Building) aparatur sipil negara dan kepala desa di Kabupaten Barito Selatan.

“Dengan penandatanganan MoU ini diharapkan kerjasama dengan UGM semakin kuat untuk memajukan sumber daya manusia Kabupaten Barsel,” ucap Deddy yang juga merupakan alumni UGM.

Dia menegaskan, dengan terjalinnya kerjasama antara Pemkab Barsel dan UGM menambah daftar perguruan yang telah berkerjasama dengan pemerintah kabupaten itu, sekaligus menunjukkan komitmen penuh Pemkab Barsel dalam upaya peningkatan SDM.

Sementara itu Rektor UGM, Ova Emilia, memberikan perhatian yang serius atas kerja sama yang dilakukan.

Menurutnya, kerjasama ini sebagai langkah penting bukan hanya untuk Kabupaten Barito Selatan tetapi juga untuk UGM agar semakin lebih banyak berkontribusi untuk pembangunan di daerah-daerah.

“Saya bangga karena Pj. Bupati Barito Selatan ini juga alumni UGM. Apa yang pernah diajarkan para guru disini ternyata berbuah manis. Ini memperlihatkan UGM sebagai candradimuka selalu berharap apa yang telah didapatkan di kampus ini mampu ditularkan ke seluruh pelosok negeri,” ucapnya.

Hadir juga pada penandatanganan nota kesepahaman, Kepala BKPSDM Barsel Markani serta beberapa Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Barsel.

Sebelumnya, pada awal Februari lalu  Barito Selatan, Deddy Winarwan telah melakukan pertemuan awal dengan pihak UGM yang diterima Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Wening Udasmoro, di ruang Rektor UGM, Jumat (2/2/2024).

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak membicarakan kemungkinan penjajakan kerja sama di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan kemungkinan kerja sama lainnya. (*/jnp)

Bagikan berita ini