Gubernur Kalteng Targetkan RS Hanau Selesai di Desember 2024

, kantamedia.com – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Sugianto Sabran menargetkan pembangunan RS Hanau di Kabupaten Seruyan, bisa selesai Desember 2024.

Menurut Sugianto, saat ini, progres pembangunan RS Hanau sudah mencapai 95 %. Sehingga dia berharap Desember nanti bisa diresmikan.

“Rumah Sakit Hanau, Desember selesai. Kita undang Presiden yang baru meresmikan,” kata Sugianto Sabran di kegiatan Optimalisasi Penyelenggaraan di Tahun 2024 di Aula Jayang Tingang, Rabu (27/3/2024).

Gubernur Kalteng menegaskan kesehatan adalah hal yang paling utama dan pelayan mendasar yang wajib diberikan pemerintah kepada masyarakat. RSUD Tipe B ini dibangun demi pemerataan bagi masyarakat Kalteng. “ kesehatan itu penting,” tegasnya.

Rumah sakit Hanau, memiliki luas bangunan 32.184  meter persegi. Bangunan dilengkapi dengan Instalasi Rawat Inap (IRNA)  VVIP, VIP dan umum, ruang MEP, ruang isolasi, Kantor ITU, Hemodialisa, CSSD, AHY, ruang bedah, ruang persalinan,  poli, radiologi, laboratorium medik, dan rekam medik.

Selain itu juga tersedia ICU, ICCU, PICU, HCU, IGD, ruang jenazah,  IPS RS, laundry, gizi, IPAL, power house GWT, rumah dinas dan tenaga medis, serta Instalasi Pemeliharaan Rumah Sakit (IPRS).

Selain membangun RSUD Hanau, Gubernur juga berencana mengembangkan RSUD Doris Sylvanus. Desain rumah sakit milik pemerintah saat ini sudah disiapkan.

“RSUD Doris akan kita pindah 2026 akhir,” ungkapnya.

Ke depan, kata Gubernur Kalteng, rumah sakit Doris akan ditambah dengan peralatan modern yang bisa melayani masyarakat Kalteng. Karena menurutnya Kalteng sebagai penyangga Ibukota Negara ().

“Kalau bisa orang di luar Kalimantan berobat ke Kalimantan Tengah” tandasnya. (*/jnp)

Bagikan berita ini