Tahukah Anda, 7 Negara Ini Tak Punya Hari Kemerdekaan

Kantamedia.com – Hari ini, 17 Agustus bangsa Indonesia tengah merayakan Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 lalu. Setiap tahun, peringatan HUT RI telah ditetapkan sebagai hari libur .

Peringatan HUT RI atau biasa disebut dengan kerap dirayakan Indonesia dengan menggelar upacara hingga berbagai perlombaan atau kegiatan yang bernuansa kebersamaan dan heroik patriotisme.

Hari kemerdekaan juga dirayakan hampir setiap negara di berbagai belahan dunia. Hampir setiap negara memiliki hari kemerdekaan (National Day atau Independence Day) untuk memperingati hari di mana negara terbentuk atau merdeka.

Baca juga:
Benarkah Upacara dan Hormat Bendera Bagian dari Amalan yang Menyimpang?

Perayaan hari semacam ini pun berbeda-beda tergantung tradisi di negara masing-masing.

Namun tahukah Anda, bahwa ada juga negara yang tidak memiliki hari kemerdekaan.

Berikut sejumlah negara yang tidak memiliki dan merayakan hari kemerdekaan:

1. Inggris

Negara di Eropa Barat ini tak merayakan hari kemerdekaan lantaran tidak pernah dijajah. Inggris justru terkait atas kemerdekaan banyak negara di dunia, terutama Afrika, lantaran sempat menjajah negara-negara tersebut di masa kolonialisme.

2. Denmark

Meski Denmark memperingati Hari Pembebasan (Liberation Day) setiap 5 Mei, Hari Pembentukan Konstitusi (Constitution Day) setiap 5 Juni, dan Hari Valdemars setiap 15 Juni, tidak satu pun dari hari-hari itu ditetapkan sebagai hari nasional.

Baca juga:
Hari Ini, 74 Tahun Silam Proklamasi Kalimantan Bergabung ke NKRI

Sama seperti Inggris, alasan utama Denmark tak memiliki hari kemerdekaan lantaran negara Skandinavia itu tidak pernah dijajah oleh negara lain sejak terbentuk lebih dari 1.000 tahun lalu.

Selain itu, dikutip The Copenhagen Post, Denmark juga tidak pernah melalui proses pemecahan atau unifikasi wilayah seperti Jerman atau Vietnam.

Bagikan berita ini