Ciptakan Lapangan Pekerjaan Terbuka Dengan Optimalkan SDA Kalteng

, kantamedia.com – Pemberdayaan yang perlu diperhatikan, salah satunya melalui pembangunan , untuk itu Ketua Komisi II , Achmad Rasyid mendorong pemerintah untuk dapat lebih memaksimalkan potensi tersebut.

“Dengan adanya industri ini, tidak hanya untuk memaksimalkan potensi sumber daya alam (SDA) saja, akan tetapi juga pemberdayaan masyarakat. Sebab, dengan dibangunnya industri maka lapangan pekerjaan akan terbuka,” ucapnya, Kamis (9/11/2023).

Untuk membangun industri di Kalteng sambungnya, tidak menjadi perkara sulit. Pasalnya, Provinsi Kalteng memiliki potensi, misalnya saja dari segi lahan masih luas dan bahan baku melimpah hingga keberadaan sumber daya manusia (SDM) juga memadai.

“Industri ini kan bermacam-macam ada industri pengolah karet menjadi ban, pembuatan pakan ternak atau ikan dan lain-lain. Saya rasa Kalteng memiliki potensi dan ini bisa dipikirkan ke depan, sehingga SDA kita bisa terkelola dengan baik begitu juga dengan SDMnya,” ujarnya.

Sementara di sisi lain, apabila memang pemda terkendala anggaran untuk membangun industri ini maka dapat menjajaki kerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintah pusat melalui . ini harus dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki agar bisa maju kedepan.

“Kita pastinya akan selalu mendukung setiap langkah yang dilakukan pemda jika itu bisa memberikan dampak positif bagi daerah maupun masyarakat. Provinsi ini harus maju dan potensi yang ada baik SDA, SDM dan lain-lain perlu dimaksimalkan,” imbuhnya.

Dia menjelaskan, SDA di Kalteng harus bisa dikelola dengan baik sehingga nantinya bisa meningkatkan masyarakat sekitar dan yang terpenting adalah meningkatkan PAD. (Mhu*)

Bagikan berita ini