DPRD Kalteng Terima Audiensi Forum Kedamangan se-Kalteng

, Kantamedia.com – Kedudukan dan kewenangan di tengah-tengah masyarakat Kalimantan Tengah saat ini perlu lebih diperkuat.

Ketua Komisi I DPRD Kalteng bidang , dan keuangan, Drs. Yohannes Freddy Ering, M.Si saat memimpin pertemuan menyambut baik adanya kunjungan audiensi yang dilakukan oleh Forum Kedamangan se-Kalteng.

Menurut dia, aspirasi yang disampaikan yakni terkait usulan untuk merevisi Perda Kalteng Nomor 16 Tahun 2008 yang telah direvisi dengan Perda Kalteng Nomor 1 Tahun 2010, dan aturan itu kini dinilai sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang ini.

“Usulan revisi tersebut, saat ini memang sangat lah diperlukan, dan itu juga dalam rangka memperkuat serta mempertegas kedudukan, kewenangan, tugas pokok dan fungsi (tupoksi) damang dan mantir se-Kalimantan Tengah di tengah-tengah masyarakat,” ujar Freddy Ering, Kemarin, di ruang gabungan DPRD Kalteng.

Pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Forum Kedamangan se-Kalteng yang kembali menyampaikan aspirasi atau usulan agar perda dimaksud dapat kembali direvisi, dengan mempertimbangkan kesesuaian kondisi sekarang ini.

 

“Hal penting lainnya, yakni Forum Kedamangan se-Kalteng mengusulkan agar kesejahteraan damang dan mantir di Kalteng dapat lebih diperhatikan oleh . Usulan itu penting agar dapat diperhatikan oleh pemerintah , terutama dalam rangka menunjang kinerja damang maupun mantir adat dalam melaksanakan tugas mereka,' ujarnya lagi.

Dia menambahkan, damang maupun mantir adat memiliki peranan penting di segala sektor di dalam masyarakat Kalimantan Tengah. Untuk itu, Freddy Ering menyebut aturan ini memang seharusnya sesegera-nya di revisi, karena bersifat sangat mendesak. (Mhu*) 

 

Bagikan berita ini