Cegah Banjir Dewan Imbau Warga Jaga Kebersihan Saluran Air

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Dalam beberapa pekan ini diguyur hujan dengan intensitas rendah, sedang hingga . Saat musim hujan tiba tentunya akan membawa dampak pada lingkungan dan kesehatan.

Palangka Raya Sigit Karyawan Yunianto mengingatkan masyarakat, untuk menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air atau drainase.

“Saat musim hujan perlu untuk menjaga lingkungan, seperti tak membuang sampah sembarangan, karena jika hujan Sampah akan menyumbat saluran air,” tuturnya, Sabtu, (27/01/2024).

Sigit menambahkan, sampah yang menumpuk di saluran air dapat menghambat aliran air dan menyebabkan . Selain itu, sampah juga dapat menimbulkan bau tidak sedap dan menjadi sarang penyakit.

“Kami juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga menghadapi banjir. Jika terjadi banjir, segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi dan aman. Jangan lupa untuk membawa barang-barang penting dan obat-obatan,” tutur Sigit.

Sigit juga menginformasikan bahwa pihaknya telah menyiapkan sejumlah posko pengungsian dan peralatan evakuasi untuk membantu yang terdampak banjir.

“Kami terus berkoordinasi dengan instansi terkait dan relawan untuk mengawasi situasi dan kondisi di lapangan. Kami siap memberikan bantuan dan pelayanan kepada warga yang membutuhkan,”ungkapnya.

Sigit menambahkan, dengan dan kesadaran masyarakat, banjir dapat dicegah dan diminimalisir dampaknya. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini