Kurangi Sampah Menumpuk Pemkot Diminta Perbanyak Depo Sampah

PALANGKA RAYA, Kantamedia.com – Pembangunan depo sampah di Kota Palangka Raya masih kurang memadai. Untuk itu , meminta agar pemerintah kota menambah anggaran untuk pembangunan depo sampah di 2024.

“Kami melihat depo sampah yang ada saat ini tidak cukup untuk menampung volume sampah yang dihasilkan oleh Palangka Raya,” katanya, Kamis, (11/01/2024).

Apalagi dengan penduduk dan aktivitas ekonomi yang terus meningkat, tentu kebutuhan akan depo sampah juga semakin besar.

“Setiap tahun pertambahan penduduk semakin banyak, tentunya juga ketersediaan depo sampah juga harus diimbangi, agar tak membludak sampah berceceran ke sisi jalan,” tuturnya.

Sigit menambahkan, depo sampah yang ada saat ini juga belum memenuhi standar pengelolaan sampah yang baik dan ramah lingkungan.

Ia mengkhawatirkan dampak negatif yang ditimbulkan oleh depo sampah terhadap kesehatan masyarakat dan sekitar.

“Kami minta agar pemerintah kota lebih serius dalam mengatasi masalah sampah ini. Salah satunya dengan menambah anggaran untuk pembangunan depo sampah di tahun 2024,” Ungkapnya.

Dirinya mengharapkan, depo sampah yang baru nanti bisa lebih , efisien, dan berkelanjutan, sehingga sampah sampah yang dibuang oleh masyarakat dapat tertampung semua.

“Kami dari Dewan juga mengapresiasi langkah pemerintah kota yang telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi produksi sampah, seperti adanya 3 R,” jelas Sigit.

Dirinya menerangkan, program 3R (reduce, reuse, recycle), gerakan bank sampah dan edukasi kepada masyarakat, Program tersebut bisa terus dilanjutkan dan ditingkatkan, agar Kota Palangka Raya semakin Cantik. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini