12 Tradisi Natal Paling Unik di Berbagai Negara

Kantamedia.com – Natal dirayakan semua umat Kristiani di seluruh dunia. Natal juga seringkali menghadirkan sejumlah tradisi yang unik yang dilakukan di berbagai negara.

Seperti membawa ke dalam ruangan dan mendekorasinya hingga membuat orang memakan kubis Brussel.

Inggris mempunyai cara tersendiri dalam merayakan Natal, namun dibandingkan dengan negara-negara lain di seluruh dunia, tradisi Natal di Inggris baik dekorasi, masakan, atau pemberian hadiah masih terbilang biasa saja.

Negara-negara lain tidak membuang waktu untuk berdebat tentang hal-hal sepele seperti hari apa untuk mulai mendekorasi rumah, atau makanan apa yang biasanya disertakan dalam makan malam Natal. Sebaliknya, mereka malah membuang-buang sepatu, menyembunyikan peralatan kebersihan, menghiasi pohon dengan jaring laba-laba atau jaring kambing, dan makan di restoran ayam goreng.

Dari Catalonia hingga Caracas, dunia mempunyai banyak Natal yang mungkin dianggap sedikit aneh oleh banyak orang. Ada yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, ada pula yang baru berumur puluhan tahun, namun semuanya sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari tradisi Natal setempat.

Untuk merayakan keunikan perayaan ini, berikut deretan kebiasaan paling tidak biasa saat Natal dari seluruh dunia, seperti dikutip dari Independent, Senin (25/12/2023):

1. Krampus: Jerman dan Austria

Dalam cerita rakyat Pegunungan Alpen Austro-Bavaria, Krampus adalah teman menakutkan Bapak Natal, makhluk jahat yang menghukum anak-anak nakal sepanjang periode perayaan. Binatang mitos yang berbulu, dengan kuku dan tanduk besar, ‘dirayakan' setiap tahun pada tanggal 5 Desember di banyak kota di seluruh Jerman dan Austria dalam sebuah festival bernama Krampusnacht, sering ditandai dengan parade di mana ratusan orang berdandan seperti Krampus dan mengejar satu sama lain melalui jalan-jalan.

2. Buang air besar batang kayu di Catalonia

Ada beberapa tradisi Catalonia yang aneh, salah satunya adalah caga tio atau “buang air besar”. Dua minggu menjelang Natal, makhluk menyeringai dibuat dari batang kayu kecil dan diletakkan di meja ruang makan. Kayu gelondongan tersebut harus diberi makan setiap hari dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan manisan, sebelum pada Malam Natal dipukul dengan tongkat, lalu mengeluarkan kotorannya.

Adat Catalonian bertema kotoran lainnya adalah caganer, patung kecil buang air besar, yang secara muncul dalam kandang Natal. Dalam beberapa tahun terakhir, para penyembah berhala yang dijual di toko-toko dan Natal di seluruh wilayah telah mengambil bentuk hampir semua selebriti, mulai dari Donald Trump hingga pesepakbola saingan yang paling tidak Anda sukai.

3. Berseluncur ke gereja di Caracas

Di Caracas, ibu kota Venezuela, orang-orang yang bersuka ria melakukan perjalanan ke kebaktian gereja di pagi hari dengan menggunakan sepatu roda sepanjang periode perayaan. Jalan-jalan bahkan ditutup terutama pada pagi hari antara tanggal 16 Desember dan Malam Natal.

4. Ayam goreng di Jepang

Natal bukanlah hari libur nasional di Jepang tetapi hal itu tidak menghentikan banyak orang untuk merayakan festival tersebut. Bapak Natal, atau Santa Kurohsu, dikatakan memiliki mata di belakang kepalanya untuk mengawasi anak-anak nakal, sedangkan kue Natal Jepang biasanya terbuat dari bolu, kocok, dan stroberi.

Bagikan berita ini