40 Kata-Kata Mutiara tentang Kebohongan

Kantamedia.com – Tidak ada manusia yang mau dan suka dibohongi. Kata- tentang kebohongan bisa menjadi bahan perenungan untuk senantiasa berbuat jujur.

Orang yang terbiasa berbohong, cenderung akan terus berbohong. Karena ia menganggap hal ini sebagai bentuk kewajaran; atau, sebagai tindakan untuk menutup tindakan bohong sebelumnya. Awalnya bohong kecil-kecilan, tidak ketahuan, dan menjadi biasa. Lama-lama, ia menjadi candu dan terbiasa—mewajarkan tindakan dirinya sendiri (rasionalisasi).

Kebohongan hanya dapat ditutupi dengan kebohongan yang lain. Demikian pepatah menjelaskan betapa buruknya efek dari berbohong atau dusta. Sekali manusia berbohong hanya dapat ditutupi dengan kebohongan-kebohongan selanjutnya. Mata rantai kebohongan akan semakin panjang bila tidak dapat diputus dengan sadar. Kebohongan mulai dari hal-hal yang ringan dan sederhana akan terakumulasi dan membentuk watak manusia untuk senantiasa berbohong.

Perasaan marah, kecewa, sedih, hingga hilangnya kepercayaan kepada orang yang suka bohong adalah satu dampak yang hampir pasti terjadi pada orang yang dibohongi.

Mungkin ada orang yang mengatakan mereka berbohong untuk kebaikan, akan tetapi apa pun alasannya bohong tidak dianjurkan.

Kebohongan juga tak jarang mengakibatkan putusnya hubungan profesional, pertemanan, hingga persaudaraan.

Berbagai cara bisa kamu lakukan agar bisa menjadi orang yang jujur, seperti dengan kata-kata. Banyak kata-kata mutiara tentang kebohongan yang bisa menjadi bahan perenungan agar selalu berbuat jujur.

Tak hanya itu, kata-kata mutiara tersebut juga bisa dijadikan sindiran kepada orang yang hobi berbohong. Dengan begitu, orang tersebut akan sadar bahwa berbohong itu tidak baik dan merusak.

Berikut ini kumpulan kata-kata mutiara tentang kebohongan, seperti dilansir dari Blissquote.

1. “Sebuah kebohongan bisa menyebar ke seluruh dunia enam kali sementara kebenaran masih mencoba untuk menyembunyikannya.”

2. “Tidak ada yang percaya pembohong. Bahkan saat dia mengatakan yang sebenarnya.” – Sara Shepard

3. “Satu kebohongan memiliki kekuatan untuk menodai seribu kebenaran.” – Al David

4. “Kebenaran yang keras dapat ditangani, dikalahkan, tetapi kebohongan akan menghancurkan jiwa Anda.” – Patricia Briggs

5. “Membohongi diri sendiri lebih mendarah daging daripada berbohong kepada orang lain.” – Fyodor Dostoevsky

6. “Ketika kebenaran digantikan oleh keheningan, diam adalah sebuah kebohongan.” – Yevgeny Yevtushenko

7. “Segala sesuatunya menjadi berantakan begitu mudah ketika mereka disatukan dengan kebohongan.” – Dorothy Allison

8. “Segala sesuatu lebih baik daripada kebohongan dan tipu daya.” – Leo Tolstoy

9. “Kebohongan yang setengah kebenaran adalah kebohongan yang paling gelap.” – Alfred Tennyson

10. “Tidak ada orang yang memiliki ingatan yang cukup untuk menjadi pembohong yang sukses.” – Abraham Lincoln

TAGGED:
Bagikan berita ini