Ini Beda Arti Listening dan Hear Bahasa Inggris

Kantamedia.com – Dalam Anda tentu mengenal kata Listening dan Hear. Kedua kata ini sama-sama berkaitan dengan pendengaran. Namun apakah kedua kata itu memiliki arti yang sama atau berbeda? Simak penjelasannya berikut.

Pentingnya memahami perbedaan antara kedua istilah ini sangatlah relevan, terutama bagi pemula yang ingin meningkatkan komunikasi mereka dalam bahasa Inggris.

Listening artinya mendengarkan dengan upaya dan penuh terhadap apa yang didengar.

Berbeda dengan sekadar hear, yang hanya mencakup kemampuan fisik untuk menerima suara tanpa aktif terlibat dalam proses mendengarkan dengan tujuan memahami.

Penggunaan kata listening dalam bahasa Inggris menekankan peran aktif dalam proses mendengarkan. Seseorang berusaha untuk memahami, merespons, dan meresapi informasi yang didengarnya. Ini melibatkan upaya mental untuk menangkap nuansa, makna, dan pesan yang disampaikan, serta memberikan respons yang sesuai.

Sementara itu, hear hanya menunjukkan kemampuan fisik untuk menerima suara tanpa adanya atau keterlibatan pikiran yang mendalam.

Untuk pemula, memahami arti sebenarnya dari listening dalam konteks bahasa Inggris adalah langkah awal yang penting dalam memperbaiki keterampilan komunikasi mereka. Aktif mendengarkan bukan hanya tentang mendengar suara, tetapi juga tentang mengerti, merespons, dan meresapi informasi yang didengar dengan tujuan memahami.

Berikut ulasan tentang istilah listening artinya dalam dan bahasa Inggris, lengkap penggunaan yang tepat dari contoh kalimat.

Listening Artinya Mendengar

Dalam bahasa Indonesia, istilah “listening” memiliki arti mendengar. Namun, penggunaannya dalam bahasa Inggris jauh lebih mendalam daripada sekadar mendengarkan secara fisik. Menurut Universitas Medan Area (UMA), listening artinya adalah proses aktif mendengarkan dengan upaya untuk memahami pesan yang disampaikan, bahkan memahami maksud dan tujuan di balik pesan tersebut.

Misalnya, ketika seseorang mendengarkan sebuah lagu, proses listening melibatkan pemahaman terhadap lirik, melodi, dan emosi yang ingin disampaikan oleh pencipta lagu.

Dalam bahasa Inggris, penting untuk memahami perbedaan antara “listening” dan “hear.”

Bagikan berita ini