Inilah Beberapa Cara Mengatasi Bibir Kering saat Puasa

Kantamedia.com – Kondisi bibir kering atau pecah-pecah saat tentunya dapat menyebabkan aktivitas puasa menjadi tidak nyaman. Pasalnya, kondisi ini bisa menimbulkan rasa perih hingga perdarahan.

Akibatnya, penderitanya tidak bisa menikmati waktu buka dan dengan maksimal. Untuk mengatasi bibir kering saat puasa, berikut adalah beberapa upaya yang bisa dilakukan.

 

1. Memperbanyak Minum Air saat Buka dan Sahur

 

Bila bibir terasa kering selama berpuasa, cobalah mengonsumsi lebih banyak air, saat berbuka dan sahur. utama bibir kering saat puasa adalah atau kekurangan cairan tubuh. Hal ini dikarenakan cairan tubuh tidak terpenuhi selama berpuasa.

Oleh sebab itu, perhatikan asupan cairan selama berbuka dan sahur. Tidak hanya melalui air putih, asupan cairan tubuh juga bisa dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung air, seperti sup dan semangka.

 

2. Menggunakan Lip Balm

 

Agar bibir tidak kering dan pecah-pecah selama berpuasa, gunakan lip balm secara rutin. Lip balm adalah produk pelembap bibir yang biasanya mengandung petroleum jelly dan bahan-bahan bebas iritan. Bila dikhawatirkan dapat membatalkan puasa, gunakanlah lip balm setelah berbuka dan menjelang tidur.

 

3. Mengonsumsi Makanan Tinggi Mineral dan Vitamin

 

Mengatasi bibir pecah-pecah saat puasa juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan tinggi mineral dan vitamin selama berbuka serta sahur, terutama vitamin B dan C. Vitamin B dapat membantu mengatasi bibir kering saat puasa akibat paparan sinar matahari. Beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin B adalah kacang-kacangan dan .

Sementara itu, vitamin C dapat membantu mengatasi bibir kering yang disebabkan oleh sariawan berkat kandungan antioksidan di dalamnya. Adapun beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin C, di antaranya mangga, jeruk, pepaya, dan berwarna hijau.

 

4. Mengurangi Asupan Asin dan Pedas

Makanan asin dan pedas memang tampak menarik saat berpuasa. Namun, bila sedang mengalami bibir kering, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut. Pasalnya, makanan asin dan pedas dapat menyebabkan bibir semakin kering, bahkan dapat memperlambat kesembuhannya.

 

5. Hindari Menjilat Bibir

 

Menjilat bibir sering kali dianggap sebagai cara efektif untuk mengatasi bibir kering. Padahal, faktanya justru sebaliknya. Menjilat bibir bisa menyebabkan bibir semakin kering. Sebab, ketika air liur sudah mengering, sisa-sisanya yang ada di bibir akan menguap dan mengikis lapisan bibir yang tipis. Akibatnya, bibir semakin kering dan pecah-pecah.

 

6. Menghentikan Kafein

 

Minuman yang mengandung kafein, termasuk kopi dan minuman bersoda, dapat menyebabkan kulit bibir menjadi semakin kering. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari konsumsi minuman berkafein selama sahur dan berbuka di bulan Ramadan jika sedang mengalami bibir kering saat puasa.

Bibir kering saat puasa biasanya akan membaik bila penderitanya sudah mencukupi kebutuhan cairan tubuh saat berbuka dan sahur. Namun, jika kondisi bibir kering tak kunjung membaik dan semakin mengganggu, sebaiknya Anda segera mengunjungi Dokter Gigi terdekat. (Art/Mhu) 

 

Bagikan berita ini