Inilah Daftar Kota di Indonesia dengan Internet Tercepat dan Paling Lambat

Kantamedia.com – Kominfo atau Kementerian Komunikasi dan Informatika saat ini tengah mengkaji aturan yang melarang penyedia layanan fixed broadband menjual dengan kecepatan di bawah 100 Mbps.

Layanan internet sendiri terbagi menjadi dua, yakni fixed broadband dan mobile broadband.

Menurut data Speedtest by Ookla per Desember 2023, Bali dan Papua merupakan provinsi dengan internet tercepat di Indonesia. Sedangkan dengan internet paling lambat, adalah Pacitan dan Cisarua, Jawa Barat.

Internet fixed broadband merupakan jenis koneksi internet yang mengandalkan jaringan fiber optik. Perangkat yang terhubung ke fixed broadband biasanya melalui kabel LAN atau WiFi.

Salah satu keunggulan fixed broadband yakni kualitas cenderung stabil. Namun kelemahannya yakni tidak fleksibilitasnya, karena tak bisa dipindahkan secara sembarangan.

seluler yang menyediakan layanan fixed broadband seperti Biznet, Indihome, XL, First Media, dan My Republic. Sementara itu, penyedia layanan mobile broadband seperti , Indosat Ooredoo, hingga Smartfren.

Daftar daerah dengan internet Fixed Broadband tercepat di Indonesia

Grafis 1
(Grafis Databoks)

Daftar daerah dengan internet Mobile Broadband tercepat di Indonesia

Grafis 2
(Grafis Databoks)

Namun Speedtest tidak memiliki data kecepatan internet mobile broadband di semua daerah di Indonesia. Ada beberapa yang tidak tercantum datanya.

Berikut daftar kota dengan internet paling lambat di Indonesia

Berikut daftar internet paling lambat di Indonesia berdasarkan fixed broadband, menurut Speedtest by Ookla per Desember 2023:

Grafis 3
(Grafis Databoks)

Daftar daerah dengan internet paling lambat berdasarkan mobile broadband per Desember 2023:

Grafis 4
(Grafis Databoks)

(*/jnp)

Bagikan berita ini