KPU Kota Palangka Raya Lantik 5.789 Petugas KPPS

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Sebanyak 5.789 orang petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara () untuk se Palangka Raya, resmi telah dilantik.

Kegiatan pelantikan dan pengukuhan dilakukan di beberapa titik tempat, seperti GOR Serba Guna Palangka Raya, Gedung Wanita, Gedung Tambun Bungai, Gedung Aula Palangka Raya, dan Gedung Aula IAHN Tampung Penyang secara serentak pada, Kamis (25/01/2024) pukul 09.00 WIB.

Ketua KPU Joko Anggoro menyebut, selain pelantikan anggota KPPS juga dilakukan penanaman pohon.

“Pelantikan serentak di Kota Palangka Raya totalnya ada 5789 orang KPPS juga ada penanaman pohon,” katanya.

Joko mengatakan jumlah petugas KPPS ditugaskan saat pencoblosan 14 Februari 2024 masing-masing diisi tujuh orang dan dua orang petugas keamanan.

“TPS se-Kota Palangka Raya ada 827 titik dan Alhamdulillah hari ini kita sudah melantik semua KPPS, Mereka akan mulai bekerja untuk Pemilu mulai 25 Januari hingga 25 Februari 2024,” tutur Joko.

Sementara itu, Ketua yang diwakili oleh Sekretaris KPU Kalteng Arief Suja'i menjelaskan KPPS punya peran penting sebagai Penyelenggara Pemilu.

“Hal ini sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS),” ungkapnya.

Dia menyebut, bahwa pada hari ini, Kamis, dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik.

“Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan,” tuturnya.

KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam.

KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan. (Mhu) 

Bagikan berita ini