Deddy Winarwan Apresiasi Kinerja ASN Pemkab Barsel

Buntok, kantamedia.com – Penjabat (Pj.) Bupati Barito Selatan (Barsel) H. Deddy Winarwan memberikan apresiasi kepada seluruh ASN di lingkup Pemkab setempat, yang telah menjalankan tugas dengan baik dengan hasil yang membanggakan, sehingga Indeks Inovasi Daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel) tahun 2023 berhasil menduduki peringkat pertama di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), serta naik ke posisi 80 secara Nasional dengan kategori Inovatif.

Hal tersebut disampaikannya saat menjadi pembina apel besar gabungan Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan (Barsel), di halaman Kantor , Buntok Rabu (10/1/2024) pagi.

“Tahun anggaran 2023 baru saja berakhir dan tidak terasa sudah delapan bulan saya bertugas mengemban amanah untuk memimpin pemerintahan di Barsel, banyak hasil yang telah kita capai dengan bersama-sama bahu membahu mendukung apa yang telah kita programkan baik program nasional, provinsi dan Program Kabupaten demi kemajuan Barsel yang kita cintai,” katanya.

Untuk itu sebagai langkah awal di tahun 2024 ini ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian kita bersama untuk perubahan yang lebih baik lagi antara lain disiplin kerja, kebersihan dan kerapian kantor, koordinasi antar OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang merupakan komponen terpenting dalam menjalankan roda pemerintahan, dalam perencanaan pelaksanaan program dan kegiatan, ujar Deddy lagi.

Sekali lagi dan merupakan catatan khusus terutama pada tingkat OPD agar melakukan konsolidasi ke masing-masing satuan kerjanya sebab tantangan yang dihadapi dalam tata kelola pemerintahan yang baik bukan sekedar memberikan pelayanan yang berkualitas akan tetapi waktu pelayanan serta kemudahan menjadi komitmen ASN sebagai abdi masyarakat, tambah Deddy.

Dalam kesempatan tersebut Deddy Winarwan memberikan apresiasi kinerja ASN Pemkab Barsel dengan pemberian penghargaan bagi Inovator Inovasi Daerah tahun 2023 yang tertuang dalam Surat Keputusan Bupati Barsel.

Pemberian penghargaan Inovator Inovasi Daerah diberikan kepada Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disperindagkop dan ) Kab. Barsel dengan inovasi Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK), Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kab. Barsel dengan inovasi Sistem Informasi Data Statistik Sektoral (SIMDATIK).

Selanjutnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan Inovasi Fasilitasi Keliling (SI SIBAT KELING) dan Jemput Bola Perekaman -El dengan Sepenuh Hati (JEBOL PETI), Bappeda Kab.Barsel dengan Inovasi Upaya Layanan Penurunan Stunting Berkolaborasi Dengan Pihak Ketiga (LANTING SIAGA) dan Gerakan Masyarakat Cegah Stunting (GERMAS CETING).

Sementara untuk Kategori ASN yaitu Bennie S. Mahar Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) dengan Inovasi Nangkaeh Tumpuk Takam (Perbaikan Kampung Kita), Selviriatmi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (DSPMD) dengan Inovasi Klinik Layanan Kesejahteraan Sosial (KILAKS), Jaya Wardana Kepala Bappeda dengan Inovasi Sistem informasi Geoportal Daerah (SIGERA), Faridah Hadiyatul Chasanah Sekretaris Diskominfo dengan Inovasi Analisa Penataan Organisasi Dinas Kominfo dalam Rangka , Isra Handayani Kepala Bidang (Kabid) Kependudukan, Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Bappeda dengan Inovasi Aplikasi Bos Pendidikan (APBOSDIK).

Kemudian Ali Sadikin Sekretaris Bappeda dengan Inovasi Pengelolaan Bantuan Sosial Satu Atap Untuk Masyarakat (BASUMAN), Hawinu Kabid Bina Jasa Konstruksi Pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) dengan Inovasi Peningkatan Kompetensi Konstruksi Bangunan Sipil Sederhana Desa (MANUWU), Armadi Kabid Sumber Daya Air Pada Dinas PUPR dengan Inovasi Optimalisasi Pembangunan Perkuatan Tebing Penahan Tanah Longsor Berbasis Crane Di Bantaran Sungai Barito Kabupaten Barsel, Salimeni Penyuluh Madya Pada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) dengan Inovasi Pestisida Nabati dari Ekstrak Kulit Cempedak, serta kategori Masyarakat atas nama Irham warga Desa Baru Kec. Dusun Selatan dengan Inovasi Mesin Pembersih Rotan.

“Selamat dan terus berkarya serta berinovasi kepada ASN perorangan sebab keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kerja keras, untuk itu tetap fokus pada permasalahan yang masih menjadi PR kita bersama,” tutup Deddy.

Apel Besar Gabungan juga dihadiri oleh, Sekretaris Daerah Barsel Eddy Purwanto, Asisten Setda Barsel, Staf Ahli, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Barsel, serta seluruh ASN, P3K dan Tenaga Kontrak se Barito Selatan. (*/jnp)

Bagikan berita ini