Peringati HKN ke – 59 Indonesia Harus Manfaatkan Bonus Demografi

Momentum Lolos dari Middle-Income Trap

KUALA KAPUAS, kantamedia.com – Dinas Kapuas bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas menggelar Upacara dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 Tahun 2023, bertempat di Halaman Kantor Bupati Kapuas, Senin (13/11).

Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Septedy bertindak selaku inspektur Upacara, diikuti oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Lingkup Pemerintah Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) yang dibacakan oleh Sekda Kapuas Septedy menyampaikan, Indonesia tengah mengalami periode , dimana bangsa Indonesia harus bekerja keras memanfaatkan peluang ini sebagai momentum Indonesia lolos dari Middle-Income Trap, menjadi negara berpendapatan , serta mencapai visi Indonesia emas 2045.

“Manusia Indonesia yang sehat dan cerdas adalah kunci mencapai masa keemasan itu, karenanya tema Hari Kesehatan Nasional ke-59 yaitu, “Tranformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju” mutlak dilaksanakan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, setiap orang berhak memperoleh Kesehatan dan negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan Kesehatan yang layak. Dengan enam pilar transformasi Kesehatan penopang system Kesehatan.

“Adapun keenam pilar tersebut antara lain, Tranformasi Layanan Primer, Tranformasi Layanan , Tranformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Tranformasi Pembiayaan Kesehatan, Tranformasi SDM Kesehatan dan Tranformasi Teknologi Kesehatan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, Pemerintah sedang Menyusun rencana induk bidang Kesehatan (RIBK), yang akan berfungsi sebagai Haluan bersama dalam upaya pembangunan Kesehatan diseluruh Indonesia. RIBK harus diacu oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam merencanakan, menganggarkan dan mengimplementasikan program Kesehatan wilayahnya.

“Tak lupa saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut membangun Kesehatan, dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar kita. Mari kita bangun bersama tubuh dan juwa yang sehat dan kuat demi Indonesia emas 2045,”pungkasnya.

Dalam kegiatan itu nampak hadir Eselon II, III, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H Soemarno Sosroadmodjo Kuala Kapuas dr. Agus Waluyo dan para Kepala UPT Puskesmas se Kabupaten Kapuas, UPT Labkesda dan seluruh perangkat yang berada dibawah Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas. (IBW)

Bagikan berita ini