Gubernur Kalteng Ajak Masyarakat Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Aman dan Damai

PALANGKARAYA, kantamedia.com – Pada tanggal 14 Februari 2024 masyarakat Indonesia termasuk Kalimantan Tengah akan merayakan pesta demokrasi yakni Pemilihan Umum (Pemilu).

ini merupakan momentum penting dalam perwujudan nilai-nilai demokrasi dan menentukan arah masa depan bangsa.

Untuk mendukung proses Pemilu yang damai, Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah () bersama jajaran dan komisioner KPU serta Bawaslu di Kalteng menggelar jalan sehat dan deklarasi damai Pemilu di Bundaran Besar Palangkaraya, Minggu (04/02/2024).

Kalimantan Tengah, , dalam sambutan dan arahannya mengajak semua stakeholders bersama-sama memastikan pelaksanaan Pemilu yang damai.

“Pemilu damai bukan hanya slogan, tetapi sebagai ikhtiar nyata untuk menciptakan atmosfer kondusif selama seluruh tahapan Pemilu,” tegasnya.

Sugianto juga berpesan agar seluruh pihak yang terlibat dalam politik dapat menjaga etika dan melakukan kampanye yang positif serta sehat.

Dia mengungkapkan, Kampanye yang dilakukan harus dapat mengedukasi masyarakat agar semakin dewasa dalam berpolitik, dan berpartisipasi aktif dalam menggunakan hak pilihnya.

“Yang tak kalah pentingnya peran serta masyarakat mengawal Pemilu supaya berlangsung sukses, aman, dan damai dan nyaman khususnya di Kalteng,” ujarnya.

Sugianto juga meminta agar para Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota se-Kalteng mempersiapkan diri dengan benar-benar memastikan kesiapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 dengan baik.

“Mulai dari perihal terkait TPS dan PPK hingga pendistribusian logistik dan jumlah logistik, seperti surat suara, kotak suara, tinta, segel, alat coblos, dan juga sampul formulir,” tutur Sugianto.

Dia menambahkan, dalam pelaksanaan Pemilu, semua pihak harus saling bekerjasama dan bersinergi, serta menjaga keamanan dan kondusivitas untuk menciptakan atmosfer yang damai dan nyaman. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini