Kalteng Terus Tingkatkan Produktivitas Pertanian

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Badan Penyuluhan dan Sumber Daya Manusia Pertanian Kementerian Pertanian RI (BPPSDM) menggelar Pembinaan Penyuluh Pertanian dan Petani dalam mendukung peningkatan dan jagung di Kalteng.

Kegiatan ini berlangsung di Halaman Kantor Kalteng, Senin ( 11/12/2023), dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) H. Andi Amran Sulaiman beserta rombongan dari Kementan RI.

Gubernur H. Sugianto Sabran dalam sambutannya menyampaikan, Kalteng dalam upaya terus meningkatkan produktivitas pertanian. Pada tahun 2024 Pemprov Kalteng bekerja sama dengan akan meluncurkan program “Kartu Tani Berkah”

“Melalui pemberian bantuan kepada petani berupa uang senilai Rp500.000,- untuk pembelian dan produksi pertanian seperti pupuk, pestisida, kapur dan lain-lain,” ucapnya.

Dia mengatakan, untuk meningkatkan produksi padi telah diprogramkan pengembangan Beras Pera Varietas PB-42 dan Varietas Lokal Siam Epang.

“Untuk penanganan pasca panen dilakukan Rice Milling Plant (RMP) dan Rice To Rice (RTR) serta Alat dan Mesin Pertanian () seperti mesin pemanen dan mesin perontok padi,”ungkapnya.

Dia berharap seluruh Penyuluh sudah seharusnya menjadi garda terdepan pembangunan pertanian, sehingga pengembangan Beras Pera dapat terwujud. (Mhu*)

 

 

Bagikan berita ini