Mendagri Ingatkan Pemda Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan Jelang Ramadan dan Idulfitri

Kantamedia.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idul Fitri di Hotel Indonesia Kempinski, , Senin (4/3/2024).

Rakor digelar oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas) dalam rangka mencermati dinamika harga pangan pokok strategis serta rangka upaya pengendalian pasokan, harga, dan pangan menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Puasa dan tahun 2024.

Rakor dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri () serta dihadiri secara langsung oleh Gubernur Bank Indonesia, Menteri Pertanian, Kapolri, Kepala BPS, Direktur Utama Perum Bulog, dan Gubernur seluruh Indonesia. Selain itu, Rakor diikuti secara online oleh Bupati/Wali seluruh Indonesia dan Kepala Dinas yang menangani masalah pangan di Provinsi/Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Rakor yang biasanya diadakan setiap hari Senin secara online melalui zoom. “Karena perintah Bapak Presiden untuk menjaga tingkat inflasi yang terkendali,” ungkap Mendagri.

Lebih lanjut, arahan Presiden tersebut salah satunya untuk menjaga inflasi tingkat daerah. “Karena angka inflasi nasional adalah agregat, bukan hanya kerja dari Pemerintah Pusat tapi juga Pemerintah Daerah, adanya Tim Pengendali Inflasi Daerah yang dipimpin Kepala Daerah,” jelasnya.

Rakor kali ini, kata Tito, sebagai upaya menghadapi hari besar keagamaan Ramadhan dan Idul Fitri. “Pasti akan ada perubahan pola pada kehidupan masyarakat. Ada hal yang harus kita antisipasi, baik di tingkat Pusat melakukan langkah-langkah yang kita harap bergulir di tingkat Daerah juga melakukan langkah-langkah (antisipasi),” pungkas Mendagri. (*/jnp)

Bagikan berita ini