Pj Bupati Kapuas Buka Rembuk Stunting, Demi Kapuas Bebas Stunting

Kuala Kapuas, kantamedia.com – Acara rembuk Kabupaten Kapuas dengan tema ”Gerakan Bersama Menuju Kapuas Bebas Stunting” dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, di Aula Rumah Jabatan Bupati Kapuas, Senin (06/11/2023).

Dalam sambutannya Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi, mengatakan, pencegahan stunting penting dilakukan sedini mungkin untuk menghindari yang merugikan yakni terhambatnya pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

”Akar masalah stunting demikian kompleks, menyangkut asupan gizi dan ketahanan pangan, pola asuh, penyiapan kehidupan berkeluarga yang berkualitas, akses pelayanan yang bermutu dan merata, serta akses sanitasi dan air minum yang layak” ucap Erlin.

Dirinya mengatakan, penurunan stunting dilakukan melalui dua intervensi yakni intervensi gizi spesifik dan intervensi gizi sensitif yang akan efektif jika dilakukan secara konvergen bersama-sama dan terintegrasi oleh semua unsur.

Lebih Lanjut dirinya mengatakan rembuk stunting pada hari ini sekaligus juga sebagai wadah evaluasi kinerja panganan stunting yang sudah dilaksanakan sampai dengan saat ini.

”Hasil kegiatan rembuk stunting akan menjadi dasar gerakan percepatan pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Kapuas, melalui penetapan lokus prioritas intervensi dan integrasi pelaksanaan program atau kegiatan yang dilakukan antar perangkat daerah,”ungkapnya.

Di akhir acara, dirinya mengharapkan kegiatan rembuk stunting dapat membangun bersama untuk segala upaya percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kapuas sesuai lingkup kewenangan dan tugas masing – masing. (IBW)

 

 

 

Bagikan berita ini