Tingkatkan SDM Unggul, Pemerataan Guru Kunci Utama Pendidikan

PALANGKA RAYA, kantamedia.com – Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, karena dengan pendidikan generasi penerus akan dapat berprestasi dan punya daya saing dengan daerah lain.

Untuk itu dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) di Palangka Raya semakin maju, penyebaran guru harus bisa merata sampai pinggiran. Sebab, saat ini masih ada sekolah yang kekurangan guru.

Ketua Palangka Raya Sigit K Yunianto, meminta pemko setempat mengevaluasi kembali keberadaan para guru, terutama guru yang berada di wilayah-wilayah pinggiran Kota setempat.

“Kami berharap, guru tidak menumpuk di sekolah tertentu, terutama di perkotaan. Tetapi disebar secara merata hingga ke daerah pinggiran,” tegas Sigit, kemarin.

Menurut Sigit, pemerataan penyebaran guru amat penting untuk peningkatan pendidikan. Ketimpangan antara jumlah guru dengan akan mempengaruhi mutu pendidikan. Makanya guru harus disebar secara merata di seluruh sekolah.

“Selain soal guru, juga pentingnya melengkapi fasilitas penunjang pendidikan. Sebab, sarana dan prasarana yang memadai menjadi salah satu faktor penentu mutu pendidikan,”ungkapnya.

Karena jika tanpa ditunjang oleh fasilitas yang memadai akan sulit meningkatkan mutu pendidikan di Kota Palangka Raya.

Dirinya berharap, pendidikan selalu menjadi setempat. Karena pendidikan merupakan dasar untuk mencetak SDM yang bermutu, andal, dan berdaya saing. (Mhu) 

 

Bagikan berita ini