AI Google Bisa Prediksi Banjir Secara Akurat Tujuh Hari Sebelum Kejadian

Kantamedia.com – Teknologi AI Google diklaim mampu memprediksi bencana banjir secara akurat, bahkan sejak tujuh hari sebelum terjadinya banjir. Kemampuan teknologi baru saja diumumkan pihak Google.

Banjir merupakan salah satu bencana alam yang sulit untuk diprediksi. Namun kini Google bisa memprediksi bencana tersebut dengan akurat.

Dikutip dari Engadget, Kamis (21/3/2024), raksasa ini telah mempelajari prediksi banjir dengan melatih model machine learning mereka dengan semua jenis data yang terkait.

Data yang dipakai untuk AI itu meliputi , pembacaan ketinggian sungai, pembacaan ketinggian dan medan, serta masih banyak lagi.

Setelah mempelajari data yang ada, Google membuat peta lokal dan menjalankan berbagai simulasi di setiap lokasi.

Kombinasi teknik ini memungkinkan model machine learning mereka memprediksi banjir yang akan datang secara akurat. Google berharap dapat menerapkan prediksi bencana ini di lebih banyak negara

Meskipun berhasil memprediksi beberapa banjir tujuh hari sebelumnya, rata-rata banjir terjadi sekitar lima hari.

Kendati demikian, Google yakin bahwa mereka telah menyempurnakan keandalan perkiraan cuaca global yang tersedia saat ini.

Google juga meningkatkan prediksi banjir di negara-negara berkembang, seperti beberapa bagian di benua Afrika dan Asia.

Informasikan Prediksi Banjir di Google Search

Dengan kecerdasan buatan yang dimiliki, Google mampu memberikan informasi mengenai prediksi banjir di 80 negara dengan mencapai 460 juta jiwa.

Perusahaan juga menyebut pihaknya akan memberikan notifikasi bencana ini di Google Search, Google Maps, dan melalui notifikasi di HP Android.

Google akan terus mengembangkan kecerdasan buatan mereka untuk menciptakan model prakiraan banjir yang lebih baik.

Serta mereka telah bekerja sama dengan peneliti akademis untuk menyempurnakan prediksi bencana berbasis AI. (*/jnp)

Bagikan berita ini