Cita Citata Mengaku Idap Autoimun karena Kerap Suntik Putih

Kantamedia.com belakangan mengutarakan bahwa ia mengalami efek samping serius gara-gara suntik putih. berusia 29 tahun ini mengaku tindakan kerap suntik putih itu justru membuatnya mengidap penyakit .

“Penyebab autoimun adalah kesalahan aku pribadi, kesalahannya adalah lifestyle pribadi aku,” ujar Cita Citata, dikutip dari video yang diunggah ulang akun @lambegosiip, Senin (8/1/2023).

Ia lantas menyebut bahwa dulunya kerap melakukan perawatan berupa suntik putih atau suntik vitamin C. Cita Citata tak berpikir panjang kala itu, karena ia butuh untuk menunjang penampilan.

“Aku sering banget suntik vitamin C berbahan kimia, suntik putih, dan lain sebagainya. Aku pikir itu penunjang penampilan aku di depan tv buat kelihatan glowing dan putih,” tambahnya.

Istri Didi Mahardika ini pun menyesal sering suntik putih karena justru berefek ke kesehatannya.

“Tapi, itu salah. Aku malah sakit,” ucap Cita Citata.

Sontak cuplikan video pelantun tembang Goyang Dumang ini langsung ramai dikomentari warganet.

Banyak dari mereka yang memberikan sindiran ke Cita Citata. Tak sedikit pula yang mendoakan agar Cita Citata cepat sembuh.

Efek Sering Suntik Putih

Sebagai informasi, berbagai efek samping memang bisa muncul akibat terlalu sering melakukan suntik putih. Dirangkum dari Alodokter, efek samping itu antara lain:

1. Gangguan pencernaan

Jumlah vitamin C di tubuh yang melebihi 2.000 miligram per hari bisa menyebabkan gangguan seperti mual, sakit perut, hingga diare. Selain itu, juga bisa meningkatkan refluks asam lambung sehingga memunculkan heartburn.

2. Kerusakan jantung dan hati

Vitamin C memiliki sifat membantu menyerap zat besi. Namun jika dosisnya terlalu , kadar zat besi di dalam tubuh akan terlalu banyak dan menumpuk menjadi racun. Akibatnya, kelebihan zat besi ini disimpan di hati, jantung, dan pankreas.

3. Batu ginjal

Tubuh sebenarnya bisa mengeluarkan kelebihan vitamin C sebagai oksalat melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, oksalat akan berikatan dengan mineral lalu membentuk kristal di ginjal. Jika suntik putih dilakukan dalam jangka panjang, bisa menyebabkan batu ginjal.

4. Asma

Penggunaan glutathione dalam kandungan suntik putih sangat marak dilakukan. Tapi perlu diketahui oleh penderita asma, kandungan ini bisa memicu kambuhnya serangan asma.

5. Sindrom Stevens-Johnson

Penggunaan glutathione dalam suntik putih juga bisa menyebabkan sindrom Stevens-Johnson. Sindrom ini berupa bentuk reaksi alergi berat dengan gejala berupa ruam yang disertai nyeri. (*/jnp)

Bagikan berita ini