Mengenal Arti Red Flag dalam Hubungan, Ciri dan Contohnya

Kantamedia.com – Red Flag dalam suatu hubungan belakangan menjadi salah satu istilah yang banyak dibicarakan orang, terutama di . Namun, sudahkah kamu memahami arti red flag dalam sebuah hubungan?

Hubungan antar manusia adalah bagian penting dalam kehidupan. Merasa dicintai dan memiliki rasa terhubung berkontribusi pada mental.

Namun, tidak semua hubungan membuat hidup jadi lebih baik. Beberapa hubungan justru mungkin tidak baik dan menjadi racun atau toxic. Maka itu, penting untuk mengenali red flag.

Apa Itu Red Flag?

Secara harfiah, kata Red Flag berasal dari yang berarti bendera merah. Sementara dilansir dari laman Collins Dictionary, kata red flad adalah kata yang juga digunakan untuk menunjukkan kondisi berbahaya atau tanda bahwa sesuatu seharusnya dihentikan.

Dengan kata lain, istilah red flag dapat digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang mencurigakan atau membahayakan.

Red flag artinya tanda peringatan yang menunjukkan perilaku tidak sehat atau manipulatif. Pada awalnya, tanda peringatan ini mungkin tidak kamu . Namun, itulah yang membuat suatu hubungan sangat berbahaya.

Masalah dalam hubungan cenderung bertambah besar dan menjadi lebih bermasalah seiring berjalannya waktu.

Red flag seringkali orang gunakan dalam percakapan seputar hubungan yang toxic atau penuh kekerasan. Toksisitas dapat muncul dalam hubungan dekat mana pun, baik itu teman, kolega, anggota keluarga, atau bahkan pasangan.

Tanda bahaya pada pria atau bisa menjadi narsisme, agresi, viktimisasi, atau bahkan perilaku kasar. Dengan menyadari beberapa jenis redflag yang umum, kamu dapat menghindari terlibat dalam hubungan yang beracun.

Saat kamu menghadapi red flag dalam hubungan, inilah saat yang tepat untuk berhenti sejenak dan merenungkan dinamika yang sebenarnya kamu bagikan dengan orang tersebut.

Seringkali, perilaku beracun tidak kentara dan berbahaya. Perilaku tersebut menyerang pada saat kamu lemah, dan jika tidak melawannya, pelaku dapat mengambil kendali atas hidup kamu.

Hal tersebut dapat menyebabkan kamu sendiri dan orang-orang di sekitarmu terluka. Menumbuhkan kesadaran diri seputar red flag dan perilaku beracun dapat membantu kamu menghindarinya.

Ciri Orang Red Flag

Tak semua orang peka terhadap red flag dalam hubungan asmara mereka. Kebanyakan telah buta karena cinta sehingga mengabaikan berbagai hal negatif yang dilakukan oleh pasangan.

Mengetahui ciri-ciri orang red flag penting agar kamu lebih waspadai. Berikut Ini beberapa ciri-ciri red flag yang umum terjadi pada berbagai jenis hubungan:

1. Perilaku yang terlalu mengontrol

Ini adalah tanda bahaya umum dalam hubungan. Misalnya, seseorang mencoba mengendalikan gerakan, keputusan, atau keyakinan kamu lebih mementingkan apa yang mereka inginkan daripada yang terbaik untukmu.

Jika seseorang mencoba mengontrol apa yang kamu kenakan atau ke mana kamu pergi, ini bisa menjadi red flag.

Selain itu, terlalu posesif dalam hubungan, bisa menjadi awal toxic .

Bagikan berita ini