Lowongan Kerja, Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Dibuka, Tersedia 1.830 Posisi

Kantamedia.com – Kabar gembira bagi yang tengah mencari lowongan kerja. Pendaftaran Rekrutmen Bersama (RBB) tahun 2024 akan dibuka, Sabtu (23/3/2024) di mana tersedia 688 lowongan pekerjaan dari 110 perusahaan pelat merah. Sementara, orang yang akan diterima pada tahun ini mencapai 1.830 posisi.

“Pada pelaksanaan RBB 2024 ini kami akan mulai membuka pendaftaran di tanggal 23 Maret 2024 yaitu besok,” ujar Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Alexandra Askandar mengatakan, dalam konferensi pers di Kementerian BUMN, Jumat (22/3/2024).

Dia menjelaskan, pada RBB tahun 2024 ini ada beberapa tahapan yang akan dilakukan FHCI, yaitu tes kemampuan dasar (TKD), tes AKHLAk, , wawasan kebangsaan, learning agility, dan kemampuan bidang di masing-masing BUMN.

Adapun, syarat batas usia dalam RBB 2024 di antaranya untuk lulusan SMA maksimal 25 tahun, Diploma batas usia 27 tahun, lulusan Sarjana (S1) 30 tahun, dan Magister (S2) 35 tahun

“Sebagaimana tadi disampaikan oleh Pak Tedi Bharata akan ada beberapa tes seperti RBB tahun-tahun sebelumnya yaitu tes kemampuan dasar, tes AKHLAk, kemudian tes bahasa Inggris,” beber dia.

Dia menambahkan, dalam rekrutmen kali ini juga ada pembaharuan seperti tes wawasan kebangsaan dan learning agility. Selanjutnya, tahap seleksi terakhir di masing-masing BUMN yaitu tes kemampuan bidang.

Persyaratan Umum dan Link Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Untuk Rekrutmen Bersama BUMN tahun 2024, kesempatan terbuka semakin lebar untuk lulusan mulai dari jenjang SMA/SMK/sederajat, D3, S1/D4 dan S2 serta status pekerjaan baik organik/PKWTT maupun kontrak/PKWT.

Dikutip dari Instagram @aymangayu, berikut ini persyaratan umum dan link pendaftaran rekrutmen bersama BUMN 2024.

Persyaratan Umum

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Berusia untuk lulusan SMA/SMK Sederajat maksimal 25 tahun, lulusan D3 maksimal 27 tahun, lulusan D4/S1 maksimal 30 tahun, dan lulusan S2 maksimal 35 tahun.
  3. Syarat nilai rata-rata ijazah untuk lulusan SMA/SMK sederajat minimal 75 dari skala 100, nilai IPK minimal 3,00 dengan skala 4,00 untuk lulusan D3, D4, S1, nilai IPK minimal 3,25 dengan skala 4,00 untuk lulusan S2.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja di Indonesia.
  5. Sehat jasmani dan rohani dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Pemerintah Daerah.
  6. Bebas dari narkoba dan obat terlarang yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba dengan cap setempat.
  7. Melampirkan dokumen pelengkap lainnya sesuai dengan posisi yang dilamar, antara lain Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), sertifikat pelatihan sesuai dengan kompetensi bidang yang dilamar dan rekomendasi pengalaman kerja jika ada serta rekomendasi komunitas (berprestasi di bidang olahraga/seni/digital/kreator/start up) jika ada.

Link Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN 2024 dilakukan secara online melalui web resmi RBB satu pintu terintegrasi di rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Nantinya, akan dilakukan seleksi administrasi oleh panitia seleksi dari masing-masing BUMN. Untuk informasi selengkapnya dapat mengecek laman Instagram resmi Kementerian BUMN @kementerianbumn dan Instagram resmi FHCI BUMN @fhci.bumn. (*/jnp)

Bagikan berita ini